10 Bentuk Terindah Nasionalisme dan Patriotisme Zaman Now - REVORMER Blog Berbagi Informasi Bermanfaat

Google Search

10 Bentuk Terindah Nasionalisme dan Patriotisme Zaman Now




Oleh : Eko Sulistyo Santosa | Assalamu alaikum. Salam sejahtera untuk sahabat-sahabatku dimanapun berada,kali ini saya akan mencoba memberikan refreshing pemikiran agar otak kita tidak hanya terjebak pada arus informasi politik praktis yang penuh kontroversi jelang pilpres yang membuat sahabat terjebak pada jerat berpikir sempit seolah pilpres ini adalah sebuah penentu masa depan NKRI satu-satunya...sadar atau tidak ternyata masih banyak hal-hal yang lebih substansi untuk kita renungkan dan perlu kita camkan bahwa Keutuhan dan keberlangsungan NKRI bukan mutlak oleh dinamika politik sebagai panglima perubahan kemajuan bangsa. Sesuai judul tulisan ini saya mencoba membuat daftar 10 Bentuk Terindah Nasionalisme dan Patriotisme di zaman now...dari judulnya kok kaya lirik lagunya penyanyi Virgoun yaa hehe...ya terus terang saya suka lagu-lagunya yang penuh semangat cinta...nah cinta itu kan luas termasuk Cinta terhadap Negara kita ini atau biasa disebut Patriotisme.Nah,kalo bicara Patriotisme pasti tak bisa dipisahkan dengan Nasionalisme (paham kebangsaan).Yuuk langsung saja sahabat ntar keburu ngantuk kelamaan baca introduction tulisan ini.Berikut 10 Bentuk Terindah Patriotisme dan Nasionalisme di zaman now ini yang perlu kalian pahami dan praktekkan versi penulis :


1.Senang Membaca Buku dan E-book

Alasannya karena lewat kegiatan membaca kita jadi tahu berbagai ilmu pengetahuan dan pengalaman para penulis serta isi tulisannya yang bermanfaat.Selain itu kuota internet kalian juga setidaknya tidak terbuang percuma hanya sekedar untuk main game atau bermedsos ria.



2.Nonton  Channel Youtube Inspiratif

Maksudnya nonton youtube disini adalah menonton channel youtube yang kontennya inspiratif dan positif yang membuat kalian termotivasi agar lebih baik,pastikan mulai sekarang kalau nonton youtube lebih selektif dengan cara subscribe dan like Channel Youtube yang berisi hal-hal positif dan inspiratif.misal tips dan trik memperbaiki komputer atau aplikasi lainnya atau channel para motivator,tokoh agama,atlet berprestasi dll.



3.Gunakan aplikasi Sosmed secara bijaksana

Pastinya kalian semua saat ini punya smartphone yang terinstall aplikasi Whatsapp,BBM,Line,Wechat,Facebook,Instagram dll.Untuk itu kalian harus selektif dan bijaksana dalam menggunakannya.Kalian bisa gabung ke grup sosmed yang berisi temen-temen positif,atau dengan cara membuat postingan status atau komentar yang positif dan sejuk sehingga yang membaca atau melihat postingan kita merasa terberkati dan termotivasi.Hindari membuat postingan status yang bersifat permusuhan atau mengandung ujaran kebencian karena ada konsekuensi hukum sesuai UU ITE.


4.Jangan Menyebarkan Berita atau Informasi Hoax

Tahu gak kalian,informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya itu termasuk kebohongan yang dibesar-besarkan sehingga tanpa sadar kita ditipu tanpa merasa tertipu dan lebih berbahaya lagi kalau informasi hoax tadi mengandung ujaran kebencian dan memprovokasi suatu golongan yang kebetulan sedang berseteru untuk saling berperang dan memusuhi.Sehingga kehancuran suatu bangsa atau bencana kemanusiaan bisa saja terjadi hanya karena  suatu kesalah pahaman yang timbul akibat berita hoax tersebut.



5. Dukung KPK

Sahabat pasti tahu apa sih itu KPK ( Komisi Pemberantasan Korupsi ) yang disegani dan ditakuti oleh para koruptor.Mengapa kita harus dukung KPK? jawabannya ya karena lembaga inilah garda terdepan penjaga negara ini dari para koruptor yang merugikan negara dengan perilaku korup mereka serta mengancam eksistensi NKRI karena mentalitas koruptif yang sistematis yang  dilakukan oleh pejabat negara atau aparat hukum bisa menggerogoti Ketahanan Nasional dengan cara memanipulasi regulasi atau aturan yang hanya menguntungkan pihak tertentu dan merugikan uang negara yang seharusnya  menjadi hak rakyat dalam bentuk sarana infrastruktur dan fasilitas publik atau dana bantuan sosial lainnya.



6.Menjadi Aktivis Organisasi  baik Organisasi Keagamaan maupun Kemasyarakatan/Pemuda 

Pernah kah sahabat suatu kali diminta mengisi  formulir biodata? Kalau pernah disitu pasti ada salah satu kalimat pertanyaan berupa pengalaman organisasi. Nah,kenapa sampai ada pertanyaan tersebut? Jawabnya karena lewat organisasi kita  dipertemukan dengan teman-teman yang seide sejalan dengan pemikiran kita untuk mencapai tujuan bersama.Dalam organisasi kalian dididik untuk lebih bertanggung jawab ,lebih disiplin dan mengasah jiwa kepemimpinan serta berproses menjadi seseorang yang berwawasan intelektual. Oh ya,pastikan kalau kalian ingin bergabung dengan sebuah organisasi,pelajari perilaku dan kegiatan para anggotanya jangan sampai keluar dari ajaran agama dan Pancasila sebagai falsafah dasar negara kita.



7.Menjadi Warga Negara Berprestasi

Sepertinya kalian pasti sudah paham alasannya yaah..kalau kita berprestasi pasti kita secara otomatis menjadi kebanggaan keluarga dan bangsa.Dengan torehan prestasi kita bisa kibarkan bendera Merah Putih  lebih tinggi diantara bendera negara lainnya,sehingga kehormatan dan harga diri bangsa kita tetap terjaga.



8.Menjadi TNI/POLRI 

Ada alasan tersendiri mengapa saya masukkan TNI/POLRI .Menurut saya hanya TNI/POLRI  satu2nya lembaga  yang mempunyai doktrin mengikat tentang Wawasan Nasional dan Kedaulatan Nasional yang harus mereka jaga dimanapun berada tanpa bermaksud mengesampingkan peranan lembaga lainnya.Dari Kedua Institusi tersebut lahirlah para prajurit yang siap menjaga Kedaulatan Negara Indonesia.



9.Menjadi Entrepreneur/Wirausahawan

Dalam bidang ekonomi peranan pengusaha atau wirausahawan mulai dari tingkat ekonomi terkecil ( Mikro ) hingga tingkat ekonomi besar ( Makro ) sangatlah vital.Lewat kontribusi mereka dalam bidang ekonomi berupa industri kerajinan,industri kreatif ,industri jasa serta industri berskala besar mampu menggerakkan roda ekonomi dan menyumbang pendapatan berupa pajak dan devisa yang akan mengisi pundi-pundi pendapatan negara serta mengatasi beban sosial berupa pengangguran.Fenomena TKI adalah salah satu ekses dimana tingkat lapangan kerja tidak sebanding dengan tingkat angkatan kerja sehingga para pencari kerja terpaksa bekerja di luar negeri.



10.Menjadi Tokoh Agama/Tokoh Masyarakat Bijaksana

Dalam sebuah tatanan masyarakat yang majemuk dengan berbagai karakter dan budaya,dibutuhkan seorang tokoh agama/masyarakat yang bijaksana sehingga mampu menjaga keharmonisan dan keutuhan suatu masyarakat dan secara luas ikut menjaga harmonisasi dan keutuhan bangsa.Tidak dipungkiri salah satu  ancaman terbesar keutuhan bangsa saat ini adalah paham radikalisme/terorisme.Untuk itu seyogyanya para tokoh agama/masyarakat selalu mengajak masyarakat untuk saling menghargai dan menghormati setiap perbedaan yang ada.
Demi keutuhan NKRI dan Pancasila.



Demikian kiranya  sahabat semua yang bisa saya sampaikan.Sebenarnya masih banyak bentuk terindah Patriotisme dan Nasionalisme di jaman now ini akan tetapi dengan keterbatasan ruang tulisan saya mohon maaf apabila tidak bisa /tidak sempat dituangkan semua dalam artikel kali ini.Semoga Bermanfaat.NKRI Harga Mati Pancasila Jaya Merdekaaaa!!! (10 September 2018 ).


Salam Cerdas Revormer !
Wassalam

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel