Cara Menambahkan Peta Situs Google Dan Bing Dengan Sitemap.xml - REVORMER

Google Search

Cara Menambahkan Peta Situs Google Dan Bing Dengan Sitemap.xml



Cara Mudah  Menambahkan Peta Situs  Blog Blogger  Dan Bing Dengan Sitemap.xml



Bagi seorang blogger yang sudah berpengalaman , menambahkan peta situs adalah hal yang sangat mudah tentunya. Lain halnya dengan blogger pemula yang masih awam tentang masalah otak-atik blog. Jangankan untuk gonta-ganti tampilan blog , apalagi mau mengedit kode html template blog. Penulis yakin bagi blogger pemula, begitu pertama kali melihat dashboard menu blog saja pasti sudah bingung...mau nanya pakde apa budenya gak mungkin lah yoow..hehe maluu lah


Nah, untungnya sahabat mempunyai revormer.com yang akan selalu setia membantu kesulitan kalian bagaimana membuat blog milikmu bisa terindex oleh google. salah satu kiatnya adalah sahabat harus membuat peta situs yang wajib dikirim ke pihak google. Fungsinya ya itu tadi agar google robot perayapnya mampir ke blog kalian, syukur - syukur ngopi cantik bareng kamu..hehe.




Peta Situs atau sitemap adalah direktori semua halaman situs/blog yang ada di dalam situs/blog itu sendiri. Nah yang dimaksud robot perayap tadi itu pekerjaannya merayapi isi halaman blog yang kamu miliki agar mesin pencari seperti google dan bing/yahoo search dapat menggunakan file sitemap yang telah dikirim untuk menemukan halaman di situs/ blog kamu. Sama halnya manusia, kayak kamu saja misal suatu waktu disuruh pergi kondangan, padahal sebenarnya tidak tahu arah lokasi hajatannya, namun karena sudah dikirim surat undangan beserta peta petunjuk jalannya, akhirnya sampailah kamu ke tempat tujuan. Kira- kira seperti itu juga logikanya sang robot pencarian, namun  bisa saja blog kamu tidak dikenali, oleh karena itu peta situs  suatu blog diperlukan agar sang robot mampir ke blog kamu.


Sebenarnya pihak google sudah secara otomatis akan mengirimkan robot perayapnya untuk meninjau  blog blogspot. Hal ini berlaku bagi situs yang di hosted blogger dalam hal ini blog blogspot. Perbedaannya adalah  cara memasukkan peta situs/sitemap bagi situs non blogger harus secara lengkap menyebutkan semua halaman situs.

Sebagai contoh kalau memasukkan peta situs ke google web master lewat google analitycs, cukup menambahkan kata " site.map " karena secara default situs sudah terverifikasi. Misal nama alamat situs penulis adalah https://www.revormer.com, maka tinggal menambahkan saja kata " sitemap.xml " di belakang alamat situs yang sudah terdaftar di google analitycs.


Kali ini penulis akan memberi gambaran singkat bagaimana memasukkan peta situs ke webmaster blogger dan webmaster Bing. Untuk webmaster blogger, kamu harus mempunyai akun google sedangkan untuk masuk ke webmaster Bing kamu harus mempunyai akun microsoft. Persamaannya yaitu situs kamu harus terverifikasi dahulu di kedua webmaster tersebut baik google analitycs untuk situs/blog blogger serta Bing Webmaster untuk microsoft. 

Perlu kamu ketahui ya guys, mesin pencari di internet itu tidak hanya Google saja, selain google ada mesin pencari Yahoo search dan Bing. Lagian kan kasihan nanti kalau sendirian, kamu saja kalu sendirian gak ada teman rasanya sepi kaan..hehe

CONTOH PERBEDAAN CARA MEMASUKKAN PETA SITUS 
BING DAN GOOGLE


Contoh cara memasukkan peta situs di webmaster blogger



Lihat perbedaannya dengan contoh gambar di bawah ini :

Cara Memasukkan peta situs di webmaster mesin pencari Bing


Coba perhatikan baik-baik gambar di atas, pasti berbeda kan, kalau yang gambar pertama kita tinggal ketik " sitemap.xml " saja. Sedangkan gambar ke dua yang ada di bawahnya kita harus mengetik lengkap alamat situs/blog. Namun ada persamaan diantara keduanya dalam memasukkan peta situs, yaitu sama-sama mengetikkan " sitemap.xml ". 

Ok ya guys, kiranya sesi belajar bareng tentang dunia blogging di revormer.com kita sudahi dulu, penulis sudah waktunya tidur, biar bangun nanti bisa fresh and fit, seperti artikel di blog ini yang selalu fresh dan bermanfaat. Tetap semangat, jangan lupa sholat..see u next time ok !




Salam cerdas Revormer !
Wassalam


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Menambahkan Peta Situs Google Dan Bing Dengan Sitemap.xml "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel