Pentingnya Belajar Ilmu SEO Untuk Blogger Pemula

Pentingnya Belajar Ilmu SEO Untuk Blogger Pemula

Pengertian Dasar SEO Untuk Blogger Pemula


Apakah yang dimaksud dengan SEO  dan mengapa penting untuk dipelajari. Nah, kali ini kita akan belajar bareng lagi di revormer.com, membahas materi tentang SEO dan mengapa seorang blogger harus paham tentang Search Engine Optimization



Setiap hari ribuan bahkan mungkin jutaan artikel terbit memenuhi mesin pencarian google, namun dari semua artikel dari para blogger yang terbit tidak seluruhnya berhasil menempati 100 besar halaman pencarian google, mesin pencarian bing serta yahoo search. Salah satu sebabnya yang paling utama adalah mereka belum bisa memanfaatkan SEO untuk websitenya


Apa Itu SEO ?

Search Engine Optimization yang disingkat SEO adalah sebuah rangkaian cara atau teknik tertentu yang bertujuan agar website atau halaman blog yang kita miliki mudah ditemukan oleh para pencari informasi oleh mesin pencari ( search engine ), dalam hal ini google atau bing, yahoo search serta mesin pencarian yang lainnya


Bagaimana Caranya Melakukan SEO ?


Jujur saja penulis sendiri termasuk masih tergolong pemain baru dalam dunia blogger, namun hal itu bukan berarti kita jadi minder dan terhenti semangat belajarnya dalam mempelajari ilmu SEO ini. Berdasarkan pengalaman pribadi dan tambahan dari berbagai literatur serta masukan dari sesama sahabat blogger, dapat disimpulkan bahwa setidaknya langkah awal untuk mempraktekan teknik SEO ini adalah dengan mengoptimalkan keyword atau kata kunci melalui “Meta Tag”.

Ada lima jenis meta tag yang bisa di optimalkan untuk mensukseskan upaya atau usaha SEO tersebut, yaitu antara lain :
1. Title Tag
2. Meta Description Tag
3. Meta Keyword Tag
4. Image Alt Tag

Dari kelimanya nanti revormer akan bahas satu persatu nantinya, namun yang harus diingat bahwa teknik tersebut tidak semuanya bersifat baik atau aman untuk keberadaan website atau blog sahabat. Karena sekarang sistem algoritma mesin pencarian google dan search engine Bing, Yahoo Searh Engine serta search engine lainnya semakin canggih, dimana mampu mendeteksi teknik-teknik yang tidak baik atau bisa dikatakan nakal.

Di masa lalu teknik ini mungkin banyak digunakan oleh para blogger nakal demi meraih posisi teratas di mesin pencarian, nah teknik tersebut sering juga di sebut Black Hat SEO, namun untuk saat ini teknik tersebut sudah jarang dilakukan karena ketatnya sistem algoritma google.

Setidaknya, upaya pengoptimalan meta tag SEO ini adalah langkah basic/dasar yang harus sahabat blogger pemula lakukan dalam proses optimalisasi  website atau blog. Nah, upaya pengoptimalan ini sering disebut sebagai “On Page SEO”.

Apa itu On Page SEO ?


On Page SEO adalah sebuah teknik atau usaha untuk mengoptimalkan halaman website atau blog kita dengan memanfaatkan meta tag SEO agar maksimal dan melakukan teknik yang disebut link building dalam internal website atau blog kita, bisa juga disebut optimalisasi internal link.

Teknik link building dengan internal link ini sebenarnya sangat mudah, cukup sahabat blogger pemula menambahkan internal link tersebut lewat dashboard menu website atau blog kita, maka optimalisasi SEO akan berefek positif nantinya apalagi disertai dengan mengatur sedemikian rupa meta tag website atau blog hingga pas mewakili keyword yang akan dibidik.

Ilmu tentang SEO ini memang sedemikian dinamis dan selalu berubah menyesuaikan sistem algoritma  google, Bing, Yahoo Search  serta mesin pencari lainnya yang ada di dunia maya. Oleh karena itulah, maka sebagai pelaku usaha online atau para pemilik website/blog wajib mempelajarinya sebagai solusi atau jalan keluar yang bersifat jangka panjang agar usahanya atau website/blognya dengan mudah dikenali oleh para pencari informasi, dengan kata lain kalau sudah berani untuk go online maka harus diiringi juga dengan Go SEO !



Apakah SEO itu ilmu pasti ? jawabannya bisa iya bisa juga tidak, tergantung bagaimana kita mampu menyerap substansi SEO itu sendiri. 

Karena ilmu SEO adalah ilmu yang bersifat dinamis dan selalu berubah menyesuaikan sistem algoritma mesin pencari/search engine, maka satu hal yang pasti adalah dibutuhkannya pengalaman dan jam terbang yang cukup, yang secara alami akan memberikan pelajaran berharga agar insting serta kepekaan  kita mampu berjalan beriringan dengan mesin pencari.

Dengan kata lain, apa yang search engine inginkan dengan syarat dan ketentuannya, kita mampu memenuhinya, dalam bentuk website/blog yang ramah dan tertata dengan baik serta relevan kontennya sesuai yang dipersyaratkan. Jadi bagi sahabat blogger pemula, revormer sarankan untuk jangan takut bereksperimen dan selalu merasa ingin tahu, bukankah kegagalan adalah awal dari sebuah kesuksesan.

Seperti yang revormer alami sendiri, yang masih butuh belajar banyak ilmu SEO, Bagaimana dengan sedikit rasa sok tahu dan modal nekad, berani otak-atik sendiri template yang terkadang membuat berantakan isi website/blog, ujung-ujungnya pusing sendiri hehe…Kapok nggak ? kalau kapok berarti pengetahuan kita tentang SEO cukup sampai disitu. Ibaratnya kita cuma pasrah dengan keadaan, dan menyerah begitu saja.

Padahal ilmu tentang SEO, dibutuhkan kreatifitas dan kejelian dalam bereksperimen memainkan keyword dan keberanian untuk melakukan action berupa optimalisasi website/blog. Tanpa itu semua jangan harap website/blog kita masuk dalam hitungan mesin pencari. Dalam SEO itu tidak mengenal basic atau advanced, kalau sahabat blogger pemula bisa menerapkan langkah dasar/basic dalam meramu meta tag dan kata kunci/keyword, itu berarti sahabat sudah bisa disebut advanced. Sekali lagi yang tadi saya katakana, jangan takut salah …gagal coba lagi hingga formulanya ketemu !



Mengapa banyak blogger pemula yang gagal atau website/blognya jalan ditempat ?

Jawabannya karena kebanyakan dari mereka gagal dalam menerapkan ilmu tentang SEO. Dalam hal ini yang disebut gagal adalah halaman/postingan dari website/blog sahabat tidak ada satupun yang mampu bersaing masuk dalam jajaran 100 ( 10 halaman utama pencarian google ). Bahkan yang lebih parah lagi, ada juga yang artikel/postingan di website/blognya  tidak terindeks oleh google, kalau seperti ini berarti ada kesalahan serius yang harus sahabat perbaiki.




Faktor-faktor Penyebab  Blogger Pemula Gagal Dalam Menerapkan SEO 

Di sebagian besar kalangan blogger pemula  termasuk revormer sendiri awalnya mengalami juga yang namanya gagal, sempat juga terpikir dalam benak revormer, perasaan setiap hari menulis artikel dan mempublikasikannya ke search engine,dengan harapan pembaca mampir membaca hasil tulisan yang telah diposting di halaman website/blog. Kok sepi-sepi saja, kayak kuburan hehe… eh ternyata setelah Tanya sana-sini penyebabnya ya itu tadi….Website/blog ane katanya belum SEO friendly….


Jadi untuk mencapai tahap agar website/blog kita termasuk kategori SEO friendly dan masuk dalam hitungan 100 besar di mesin pencarian google, ternyata rajin saja tidak cukup…memang rajin itu pangkal pandai kata bapak/ibu guru sewaktu sekolah, namun tanpa disertai usaha lainnya ibaratnya kita layaknya katak dalam tempurung…hehe

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan blogger pemula gagal dalam menerapkan ilmu SEO, antara lain sebagai berikut :

1. Malas Membaca/belajar

Sebagai seorang blogger sejatinya kita adalah sebagai penulis, nah ibarat gelas kita sebagai blogger akan menuang isi gelas itu untuk orang lain, isinya yaitu tentang tulisan/artikel atau postingan yang kita publikasikan lewat sarana website/blog yang kita miliki. Untuk bisa menuangkan tulisan yang berkualitas maka kita butuh wawasan dan pengetahuan tentang tema artikel/postingan tersebut.

Maka oleh sebab itu gelas itu jangan sampai kosong, isilah gelas pengetahuan, ide wawasan lainnya ke otak kita, agar gelas itu selalu terisi dan siap menuangkan ide, gagasan yang kita miliki ke website/blog. Kaitannya dengan SEO berarti kita harus rajin membaca berbagai literatur  tentang ilmu SEO ini dan penerapan SEO pada website/blog agar maksimal hasilnya, dari sumber bacaan tersebut kita terus belajar agar ilmu mengenai Search Engine Optimitazion kita semakin baik.


2. Malas Berbagi/share postingan

Kalau kamu sudah berani memutuskan menjadi seorang blogger maka mulai saat ini jadilah pribadi yang percaya diri, tidak usah malu untuk membagikan hasil kerja kerasmu dalam bentuk artikel/postingan di website/blog. Anggap saja kritik, saran serta masukan mereka adalah cambuk pelecut semangatmu agar website/blog sahabat lebih SEO lagi. Karena dengan itulah, sahabat sebagai seorang blogger pemula mampu mengambil pelajaran dari output pembaca, barangkali dari situ terbersit ide atau gagasan baru untuk menyempurnakan konten website/blog menjadi lebih berkualitas.


3. Takut Salah

Memang sih , siapa juga yang ingin berbuat salah, tentu semua orang ingin selalu merasa benar walaupun terkadang kita ini sebenarnya salah. Padahal sebagai seorang manusia kita adalah tempatnya kesalahan…ciie kayak ustadz aja lagi ceramah…hehe.

Nah, disini maksudnya sebagai seorang blogger pemula, kita harus berani mengambil tindakan percobaan/ eksperimen berupa penempatan meta tag, baik judul, deskripsi, maupun isi dari website/blog agar SEO friendly, karena dalam penerapan ilmu SEO dibutuhkan keberanian untuk melakukan eksperimen, nantinya hasil percobaan tersebut bisa dijadikan evaluasi agar optimalisasi SEO berjalan efektif.


4. Keliru memilih Keyword 

Namanya juga pemula, apa saja masih bersifat rintisan atau permulaan, secara filosofis permulaan berarti awal sebuah perjalanan , berarti kita masih butuh untuk berproses. Mie Instan saja kalau ingin dinikmati harus di rebus dulu, apalagi dunia blogger yang persaingannya ketat. Banyak blogger pemula yang gagal dalam mengoptimalkan SEO untuk website/blognya, di karenakan keliru memilih keyword/kata kunci yang ingin dibidik/target. Biasanya website/blog besar akan menguasai halaman atas search engine dengan keyword global/umum, yang kompetitornya busyeet banyaak sekaliii broo…

Nah untuk itulah, kita sebagai seorang yang sama-sama blogger pemula pilihlah keyword/kata kunci yang lebih sempit/lebih spesifik lagi, agar menghindari persaingan keras para monster..hehe. Sebagai contoh, keyword global adalah “Ilmu SEO”, dari situ kita bisa mengembangkan lagi dengan memilih keyword spesifik, contohnya “Ilmu SEO Untuk Blogger Pemula”. Kira-kira sahabat mengerti kan, apa yang revormer maksudkan disini.

Nah, kira-kira sementara itu saja dulu perjumpaan kita dalam artikel Ilmu SEO Untuk Blogger Pemula. Sampai jumpa di artikel berikutnya, hanya di revormer.com,  sahabat berbagi ilmu dan pengalaman kalian semuanya.
Salam Cerdas Revormer !
Wassalam




0 Responses to “Pentingnya Belajar Ilmu SEO Untuk Blogger Pemula”

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih

Popular Posts