Sosialisasi Persiapan Pembangunan Instalasi Biogas Tahun Anggaran 2022 - REVORMER.COM
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
WPDealer 728x90

Sosialisasi Persiapan Pembangunan Instalasi Biogas Tahun Anggaran 2022

 

Sosialisasi Persiapan Pembangunan Instalasi Biogas Tahun Anggaran 2022
Selasa, 22 maret 2022 di Dinas ESDM Banyumas. 

Pada hari selasa, tanggal 22 maret 2022, bertempat di Gedung Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Banyumas, telah dilaksanakan acara Sosialisasi Persiapan Pembangunan Instalasi Biogas Tahun Anggaran 2022.

Acara Sosialisasi Persiapan Pembangunan Instalasi Biogas Tahun Anggaran 2022 yang bertempat di Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Banyumas tersebut di isi oleh para pemateri, antara lain Kepala Dinas ESDM Banyumas, Ibu Nurul Munawaroh dari yayasan Rumah Energi, adapun dari anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Komisi B, yaitu Bapak H. Samirun, SH, MH beserta dua koleganya sesama anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, yaitu Bapak Arifin Mustofa, S.Pd dari Fraksi PKS dan Wakil Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah Bapak H. Hadi Santoso, ST, M.Si juga dari fraksi PKS. 

Suasana penuh persahabatan jelas terlihat antara legislator dari PDI Perjuangan dan PKS tersebut, mereka mencerminkan wakil rakyat yang layak untuk diteladani. Jiwa melayani rakyat tak boleh terhalang hanya karena berbeda partai, hal ini dibuktikan oleh H.Samirun, SH,MH dan kedua koleganya yang berasal dari PKS yaitu H.Arifin Mustofa, S.Pd dan Hadi Santoso, ST, M.Si, kekompakan mereka dalam membantu masyarakat betul-betul tulus dan tanpa pandang bulu.

Bapak H. Samirun, SH,MH mengatakan bahwa saat ini dunia sudah mulai mengalami krisi energi yang berasal dari fosil ( minyak bumi dan gas alam ), oleh karena itu pemanfaatan biogas sebagai energi alternatif memang sudah layak di sosialisasikan kepada masyarakat Indonesia.

Berikut adalah isi materi dari Bapak Samirun, SH, MH dalam acara Sosialisasi Persiapan Pembangunan Instalasi Biogas Tahun Anggaran 2022, dengan judul Kebijakan Pemerintah Dalam Pemanfaatan Biogas




LATAR BELAKANG DAN ARAH KEBIJAKAN ENERGI NASIONAL
Kondisi Energi Indonesia saat ini sangat tergantung pada bahan bakar fosil. Lebih dari 90% konsumsi  energi nasional berasal dari  bahan bakar fosil, sedangkan cadangan bahan bakar fosil semakin menurun. Oleh karena perlu dilakukan upaya-upaya untuk mengurangi ketergantungan tersebut dengan kebijakan-kebijakan yang bertujuan menciptakan energi baru terbarukan sebagai pengganti bahan bakar fosil tersebut.


PRIORITAS PNGEMBANGAN ENERGI NASIONAL




TARGET DAN REALISASI BAURAN ENERGI NASIONAL



TUJUAN PENGEMBANGAN BIO ENERGI DI INDONESIA



TARGET DAN IMPLEMENTASI PEMANFAATAN BIOGAS

Pemerintah menargetkan energi biogas bisa secara signifikan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil, oleh karena itu harus ada langkah nyata secara implementasi efektif untuk segera dilaksanakan ke seluruh indonesia.


DEFINISI BIOGAS


MENGAPA HARUS MEMANFAATKAN BIOGAS SEBAGAI SUMBER ENERGI


PROGRAM PENGEMBANGAN BIOGAS


PEMANFAATAN BIOGAS RUMAH TANGGA


SKEMA PEMANFAATAN BIOGAS RUMAH TANGGA DARI LIMBAH TERNAK


SKEMA PEMANFAATAN BIOGAS KOMUNAL PESANTREN DARI LIMBAH MANUSIA

Dari materi yang disampaikan oleh Bapak H.Samirun, SH,MH di atas kita bisa memahami bahwa potensi biogas sebenarnya sangat besar, sumber energi biogas juga sebenarnya mudah didapatkan dilingkungan sekitar kita. Sayangnya sampai saat ini belum banyak yang memanfatkannya dikarenakan faktor ketidak tahuan dan kurangnya sosialisasi tentang tata cara memanfaatkan sumber energi biogas tersebut.



Dalam kesempatan tersebut para kelompok tani dan ternak yang ada di kabupaten Banyumas menyampaikan harapannya agar pemerintah bisa membantu unit pengolah biogas sehingga sampah organik yang berasal dari pertanian dan peternakan bisa bermanfaat bagi masyarakat desa. Harapannya bantuan tersebut nantinya bisa menjadi contoh bagi warga masyarakat khususnya pedesaan yang mempunyai potensi sumber energi biogas melimpah.

Demikian laporan kegiatan Sosialisasi Persiapan Pembangunan Instalasi Biogas Tahun Anggaran 2022 ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. Aamiin


Posting Komentar untuk "Sosialisasi Persiapan Pembangunan Instalasi Biogas Tahun Anggaran 2022"