Cara Memasak Ayam Bakar Wong Banyumas - REVORMER Blog Berbagi Informasi Bermanfaat

Google Search

Cara Memasak Ayam Bakar Wong Banyumas


Cara Memasak Ayam Bakar Wong Banyumas



Sahabat aswajareformer98, kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana caranya memasak ayam kampung  yang enak dan empuk dengan metode pembakaran atau pemanggangan. Sengaja saya kasih judul Cara Memasak Ayam bakar Wong Banyumas, karena revormer cinta pada banyumas yang indah dan ramah masyarakatnya

Sebelumnya saya sudah mencoba berbagai macam kuliner khas ayam bakar, dari berbagai jenis sajian ayam bakar rata-rata masalahnya adalah  kurang terasa atau bisa dibilang kurang meresap bumbunya kalau tidak dagingnya terasa masih alot kayak karet...hehe. Untuk itulah, revormer membuat eksperimen dengan membuat resep ayam bakar wong banyumas, sebagai sebuah terobosan baru dibidang kuliner...kwkwk

Varian baru masakan tersebut revormer beri nama Ayam Bakar Wong Banyumas, secara umum sebenarnya sama dengan konsep ayam bakar lainnya, hanya saja yang membedakan adalah penambahan daun jeruk yang dihaluskan beserta daun kemangi.

Adapun tujuannya adalah untuk menghilangkan amis dan menambah aroma wangi khas  ayam bakar tersebut.Tentu saja teknik pemanggangannya pun juga berpengaruh terhadap hasil akhir, karena kalau terlalu lama dan bara apinya tidak menyala secara merata sampai ke bagian dalam ayam maka nanti bisa gosong atau sebaliknya bumbunya masih basah tidak terlihat sebagai Ayam Bakar.


Langsung saja yuuk kita belajar bareng lewat tulisan ini.Berikut langkah-langkahnya Cara Memasak Ayam Bakar Wong Banyumas versi https://aswajareformer98.blogspot.com :

1.  Siapkan satu ekor  Ayam Kampung atau ayam broiler dewasa  yang sudah dibersihkan, belah dibagian dada namun jangan sampai tembus , lalu lebarkan kedua sisi bagian dada yang telah dibelah tadi sehingga ayam masih tetap dalam keadaan utuh tidak terbagi dua bagian.

2.  Siapkan bahan untuk bumbu halus, antara lain :

Bawang Merah 9 siung , bawang putih 9 siung, merica seperempat sendok teh, ketumbar setengah sendok teh, lengkuas 2 ruas, jahe 2 ruas, daun serai 2 batang,satu butir gula merah, kunyit 2 ruas, kemiri 9 butir, cabe merah 15 buah,cabe rawit 10 buah, tomat 2 buah, daun kemangi 10 batang,  dan terakhir daun jeruk 10 lembar , bersihkan lalu haluskan dengan blender atau ulegan.


Cara Memasak  :


1.  Rebus Ayam dalam panci/wajan tertutup, masukkan bumbu halus bersama ayam ,aduk-aduk bumbunya ke ayam hingga merata, usahakan ayam terendam sempurna, namun jangan sampai airnya kebanyakan di kira-kira saja secukupnya disesuaikan dengan komposisi bumbu halus beserta garam dan penyedap rasa sesuai selera. Rebus selama kurang lebih 1,5 - 2  jam untuk ayam kampung tergantung usianya tua atau muda dan 1 jam untuk ayam potong, dengan api sedang.Setelah  itu diamkan sambil menunggu proses pembuatan bara api.

2.  Siapkan media pembakaran berupa arang dan besi alas panggangan untuk ayam.Letakkan ayam diatas alat pemanggang ,usahakan supaya panas bara apinya merata ke seluruh permukaan ayam. Jangan lupa bolak-balik hingga bumbu halus mulai mengering dan berwarna merah kecoklatan. Setelah itu angkat dan sajikan untuk 4 - 5 orang .

Untuk melengkapi sajian Ayam Bakar Wong Banyumas ini, alangkah baiknya di temani sambal kecap dan lalapan ketimun, walaupun sebenarnya rasanya sudah pedas.


Selamat Mencoba

Semoga bermanfaat  !!!



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Memasak Ayam Bakar Wong Banyumas"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel