Cara Memasak Ikan Kuah Non Kolesterol ( tanpa minyak ) - REVORMER

Google Search

Cara Memasak Ikan Kuah Non Kolesterol ( tanpa minyak )



Sahabat aswajareformer98 , Ikan Kakap Merah adalah salah satu jenis ikan laut yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.Selain gizinya yang tinggi,  rasa daging ikannya  yang lembut dan enak, warna merah disekujur tubuhnya membuat ikan ini semakin banyak diminati oleh para pecinta masakan ikan sebagai hidangan spesial di acara-acara keluarga ataupun jamuan makan di restoran seafood.Tentu saja  kualitas tak pernah bohong, karena itu harga ikan kakap merah di pasaran tergolong  salah satu ikan mahal dibanding ikan-ikan lainnya.



Pak Harto ( Mantan Presiden RI ke 2 )pun, semasa hidupnya sangat menggemari ikan kakap merah ini.Bahkan disela-sela kesibukannya sebagai seorang Kepala Negara ,beliau menyempatkan diri untuk menyalurkan hobi memancing ikan kakap merah di lautan.Bahkan kabarnya setiap kali memancing beliau selalu berhasil mendapatkan ikan pancingan dalam ukuran besar, pantas saja teknik memancingnya bisa dibilang hebat dan diakui oleh para penghobi mancing mania.




Sahabat aswajareformer98 , kali ini saya akan berbagi pengalaman selama saya berkelana di daerah sulawesi, sudah bukan rahasia lagi masyarakat Sulawesi sangat menggemari masakan yang berupa hasil laut terutama ikan laut.Selama lebih dari dua tahun saya pernah tinggal di Kendari bersama paman dan bibi, waktu itu saya masih berusia 25 tahun. Kami tinggal di sebuah kampung yang sangat dekat dengan laut, namanya Desa Purirano Kendari. Rumah yang kami tinggali adalah rumah milik keluarga tokoh masyarakat terkemuka di kampung tersebut , kami biasa memanggilnya Ambo Abbas  mereka adalah orang asli Bugis Bone Sulawesi Selatan yang sudah lama menetap di Kendari  , rumah itu dikontrak oleh Pamanku selama hampir empat tahun lamanya. Keluarga Ambo Abbas sangat ramah dan baik sekali, Umi panggilan istrinya adalah guru mengaji yang terkenal sederhana namun penuh kedisiplinan terhadap anak-anaknya.Dari  ke lima anak-anaknya ,empat diantaranya menjadi seorang guru dan satu yang menjadi pegiat sosial di desanya namanya  Kak Saifudin Makulasse, mereka sudah saya anggap sebagai saudara-saudara angkat ,saking dekatnya hubungan diantara keluarga kami.Jadi wajar saja karena setiap hari berinteraksi kami pun merasakan ikatan emosional yang kuat sebagai seorang saudara walaupun kami berbeda suku, keluarga saya adalah orang jawa dan keluarga Ambo Abbas adalah orang Bugis Bone . Begitulah luar biasanya  makna persaudaraan  diantara kami. Demi mengenang hubungan persahabatan dan persaudaraan serta budaya bugis termasuk kulinernya ,maka saya terinspirasi untuk menulis  artikel   tentang bagaimana cara memasak ikan kakap merah ini , yaitu Resep dan Cara Memasak Ikan Kakap Kuah Kuning Asam Pedas Non Kolesterol khas Sulawesi ( tanpa minyak ).




Sahabat aswajareformer98, mari kita langsung saja mulai. Berikut  resep dan langkah-langkahnya :

1. Siapkan Bahan Ikan Kakap sebanyak 4 ekor ukuran sedang,potong masing-masing menjadi dua bagian ,lalu lumuri perasan jeruk nipis agar tidak amis.Bolak-balik ikan kakap merah hingga air perasan jeruk tersebut meresap merata.Diamkan selama 20 - 30  menit .

2. Siapkan  bahan- bahan  untuk  bumbu, antara lain Bawang putih 3 siung, Bawang Merah 9 siung, Cabe Merah  10 biji, Cabe rawit 10 biji, Tomat 2 buah, Kunyit 2 ruas, Jahe 1 ruas, Lengkuas 1 ruas, daun serai 2 batang, daun jeruk 3 lembar serta daun kemangi secukupnya.


Cara Memasak :


1.  Buat bumbu halus
Ulek  hingga halus bawang putih,bawang merah ,cabe merah ,cabe rawit ,kunyit,jahe,lengkuas,dan tomat. Setela itu lalu memarkan daun serai campur bersama bumbu halus.


1.  Rebus air di panci  diatas  kompor dengan api sedang , masukkan  campuran bumbu halus dan daun serai yang telah dimemarkan, lalu tambahkan daun jeruk.Jangan lupa masukkan garam dan penyedap rasa  serta asam jawa secukupnya.


2.  Setelah airnya mendidih ,masukkan  ikan kakap merah yang masing-masing  telah di potong menjadi dua bagian tersebut ke dalam panci pastikan seluruh bagian ikan terendam agar bumbunya betul-betul meresap ,kurangi nyala apinya tunggu hingga setengah jam hingga ikan kakap merah betul-betul matang.


3.  Terakhir taburkan daun kemangi diatas nya ,lalu tutup kembali pancinya biarkan selama lima menit hingga daun kemanginya layu.Lalu angkat dan Ikan Kuah Kakap Merah Asam Pedas ( tanpa minyak ) siap disajikan




Hidangan Ikan Kakap Merah Kuah Kuning Asam Pedas tanpa minyak ini sangat cocok sebagai hidangan  sehat keluarga, di jamin non kolesterol karena tanpa penggunaan minyak goreng dalam proses memasaknya. Apalagi  di saat cuaca sedang dingin/musim hujan, sangat pas disajikan dalam keadaan panas.


Selamat Mencoba

Semoga bermanfaat !

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Memasak Ikan Kuah Non Kolesterol ( tanpa minyak ) "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel