REVORMER

Blog berbagi tips dan info bermanfaat seputar dunia android

Cara Memasak Nasi Goreng Sehat No Kinyis-kinyis




Nasi Goreng adalah salah satu masakan paling populer di Indonesia bahkan sebagian besar  rumah makan baik di Indonesia maupun luar negeri  memasukkan Nasi  goreng sebagai daftar menu tetap dalam list menunya.Selain itu proses memasak  nasi goreng juga sangat mudah jadi keberadaannya tidak hanya hadir di warung makan atau penjual nasi goreng keliling saja,akan tetapi hadir juga dalam menu makanan sehari-hari di rumah.



Ngomongin makanan satu ini emang gak ada habisnya yach...


Dalam artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat nasi goreng yang praktis namun tetap enak di makan dan yang pasti dijamin sehat ga pake ribed.
Nah ,kali ini saya akan memberikan tips dan cara membuat nasi goreng praktis dan enak.Untuk menghasilkan sajian nasi goreng yang enak maka perlu diperhatikan bagaimana memilih nasi yang pas, maksudnya pas disini yakni nasi yang nanti akan dijadikan nasi goreng itu  masih bagus dan layak untuk dikonsumsi , nasi tersebut harus sesuai kadar kekerasannya, jangan sampai terlalu lembek karena hasilnya pasti tidak akan maksimal.Jadi syarat utama yang harus diperhatikan  sebelum membuat nasi goreng adalah nasi tersebut harus pera atau sedikit keras namun tetap lembut apabila dimakan.Selain pemilihan nasi yang tepat, pemilihan minyak goreng juga sangat berpengaruh terhadap cita rasa dan aroma nasi goreng yang kita masak.Sebenarnya peran minyak goreng bisa digantikan margarine, malah terkadang penggunaan margarine sebagai pengganti minyak goreng banyak disukai karena aromanya yang lebih harum dan tidak menimbulkan efek "kinyis-kinyis " pada nasi goreng.Jadi di sini, anda tinggal pilih diantara minyak goreng atau margarine,silahkan pilih sesuai selera masing-masing tergantung bagaimana situasi dan kondisi saja.Saya hanya menyarankan alangkah lebih baik menggunakan margarin agar nasi goreng yang dihasilkan tidak terlalu berminyak dan aroma bawang putihnya juga lebih harum.


Mari sekarang kita mulai langkah-langkah berikut ini ,bagaimana memasak nasi goreng dengan sedikit minyak, kali ini saya akan memberikan resep cara memasak nasi goreng sehat untuk porsi 3 - 4 orang. Simak langkah-langkah berikut ini :


1. Siapkan Bumbu Halus , Kupas bawang putih sembilan siung dan bawang merah lima siung, tambahkan cabe merah lima buah dan cabe rawit lima buah ( opsional tergantung selera ), setelah itu haluskan ke empat bahan tadi dengan cara manual yaitu diuleg di media ulegan batu atau kayu.Sebaiknya hindari dihaluskan dengan blender karena akan mempengaruhi aroma bawang ketika nanti di tumis ,apalagi kandungan airnya juga lebih banyak apabila di blender.


2. Siapkan sawi hijau atau kol potong tipis-tipis lalu simpan sementara ditempat terpisah.


3. Siapkan telur ayam,kocok telur ayam sebanyak 2 butir,lalu simpan sementara di tempat terpisah.


4. Siapkan Minyak goreng atau margarine secukupnya.


Cara Memasak :


1. Nyalakan kompor ,panaskan minyak goreng atau margarine diatas wajan, setelah dirasakan cukup panas masukkan bumbu halus tadi ke dalam wajan dengan api sedang.Tunggu sampai aroma bawang tercium harum dan berwarna agak kecoklatan, usahakan jangan sampai gosong, karena nanti mempengaruhi cita rasa.


2. Masukkan telur ayam yang sudah di kocok tadi,campurkan ke dalam wajan yang sudah berisi tumisan bumbu halus lalu aduk-aduk hingga merata dan telur ayam sudah mulai matang


3. Masukkan Nasi yang sudah dipersiapkan sebelumnya, aduk terus hingga bumbu beserta telur tercampur merata,sambil ditambahkan garam sedikit demi sedikit sambil dicicipi sampai terasa pas dengan selera kita dan tambahkan juga penyedap rasa secukupnya, saya sarankan jangan terlalu banyak penyedap rasa demi kesehatan tubuh kita secara jangka panjang.


4. Setelah nasi, bumbu halus dan telur sudah tercampur rata kemudian dirasakan sudah pas rasanya maka langkah terakhir adalah menambahkan sawi hijau atau kol yang sudah dipotong-potong tadi lalu aduk perlahan hingga merata selama lebih kurang lima menit agar menjaga kesegaran sayuran tersebut tidak terlalu layu akibat kelamaan di masak.


5. Nasi Goreng siap di sajikan bersama keluarga di rumah atau bersama teman-teman.


Oh ya ,mengapa saya kasih judul artikel ini "Cara Memasak Nasi Goreng Sehat No Kinyis-kinyis" , karena kalau kita biasa makan di warung makan atau di penjual nasi goreng keliling, belum tentu terjamin higienitasnya dan kita tidak bisa mengontrol penggunaan minyak goreng nya agar tidak berlebihan.
Selamat Mencoba

Semoga bermanfaat !!!

0 Responses to “Cara Memasak Nasi Goreng Sehat No Kinyis-kinyis”

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih

Popular Posts