Cara Mengambil Uang Di ATM Mandiri Mudah Aman Lengkap Dengan Gambar


Hati - hati dan waspada sebelum bertransaksi, pastikan keamanan anda.
Gerai ATM Bank Mandiri 



Cara Mudah dan Aman Ambil Uang di ATM Mandiri

Sahabat reformer98,
 Dalam kehidupan sehari - hari di zaman sekarang yang menuntut segalanya serba praktis dan cepat, kemudahan akses keuangan untuk berbagai aktifitas ekonomi masyarakat sangatlah diperlukan. Tak pelak, dengan semakin meningkatnya taraf hidup masyarakat diikuti dengan pergeseran perilaku masyrakatnya. Dahulu orang lebih memilih membawa uang tunai untuk disimpan di dompet atau di tas apabila hendak bepergian kemana - mana.

Namun sekarang, dengan kemajuan teknologi dibidang perbankan, perannya sudah tergantikan oleh Kartu ATM. Dari segi keamanan dan kepraktisan yang di tawarkan itulah, makin lama masyarakat lebih memilih menggunakan Kartu ATM sebagai ganti membawa uang tunai.


Dengan hanya sebuah kartu ATM anda bisa dengan leluasa melakukan aktifitas ekonomi maupun rekreasi kemanapun pergi tanpa khawatir memikirkan penyimpanan uang, bahkan mau jalan - jalan ke luar negeri pun no problem, karena hampir di seluruh negara sudah terkoneksi dengan fasilitas mesin penarikan uang tunai atau disingkat ATM yang merupakan kepanjangan dari Automatic Teller Machine ( Anjungan Tunai Mandiri ).

Bagi sebagian orang, cara menarik uang lewat atm bank mandiri itu mungkin soal mudah. Namun bagi sebagian yang lain, yang baru mempunyai rekening bank mandiri, hal itu butuh pembelajaran dulu sebelum nantinya sudah terbiasa dengan sendirinya yaah...kata orang bisa itu karena terbiasa.Dewasa ini, hampir di setiap cabang bank mandiri  yang berada di ibukota kecamatan sudah tersedia fasilitas ATM, bahkan di pelosok desa sekalipun ada juga semacam ATM namun dalam bentuk lebih kecil yang bisa dengan mudah dibawa kemana- mana, namanya EDC ( Electronic Data Capture ) atau lebih populer disebut ATM Mini. Cuman, bedanya menu transaksi yang terdapat dimesin ATM Mini masih tetap kurang lengkap dibanding mesin ATM biasa. Menu- menu transaksi yang terdapat di dalam mesin ATM yaitu cek saldo, bayar tagihan listrik, bayar BPJS, bayar PDAM , tarik tunai uang, kirim uang atau mentransfer uang sesama bank  atau antar bank dan ganti PIN kartu ATM, bisa juga buat top up pulsa  serta pembayaran belanja online, dan lain - lain . Oh ya , sahabat juga harus tahu yaah, Bank Mandiri mengeluarkan  3 jenis kartu ATM sesuai dengan kelebihannya masing - masing. Umumnya Kartu ATM mempunyai tiga jenis, yaitu Silver Card, Gold Card dan terakhir Platinum Card.

Cara dan langkah mudah Tarik  Uang Di ATM  Bank Mandiri

Hal yang perlu sahabat ketahui, sebelum menarik atau mengambil uang di ATM adalah bahwa sekarang hampir semua Kartu ATM yang diterbitkan oleh sebuah bank, dapat digunakan di tempat penarikan uang bank lain. Apabila di lokasi ATM tersebut ada Logo dan Tulisan " ATM Bersama " , berarti kartu ATM kalian kemungkinan besar bisa digunakan walaupun bukan ATM bank mandiri. Biaya tambahan bila kita menarik uang lewat ATM milik bank lain adalah sebesar Rp. 5000,- ...murah bukan dibanding kita harus kesana kemari nyari ATM. Jadi sahabat tidak perlu khawatir, dimana saja bisa narik duit tanpa harus cari ATM Bank Mandiri terdekat. Ingat ya sahabat, ini berlaku kalau didaerah kamu kebetulan jauh dari lokasi ATM Bank Mandiri. Namun kalau dekat ya lebih baik manfaatkan fasilitas ATM Bank Mandiri, karena kalau tarik dana dari bank sendiri kan tidak ada potongan biaya administrasinya.




Yuuk, simak penjelasan cara - cara dan langkahnya di bawah ini :

1. langkah pertama adalah  kamu harus mempunyai kartu ATM lalu keluarkan dari dompetmu, kamu masuk ke lokasi ATM Bank Mandiri atau  ATM Bank lain yang berlogo ATM Bersama.


2. Sebelum kamu masuk dan menggunakan mesin ATM, perhatikan tulisan yang terdapat dimesin ATM tersebut. Biasanya terdapat tulisan nominal pecahan Rp. 50 ribu dan Rp. 100 ribu, nah terserah kamu mau pilih yang mana.


3. Langkah yang ke tiga adalah kamu masukkan kartu ATM pada mesin ATM dengan posisi logo bank mandiri berada pada posisi atas. Ingat ya,  jangan sampai posisinya  terbalik. Lihat baik - baik gambar dibawah ini





4. Langkah ke empat adalah kamu diminta memilih bahasa, nanti  disitu ada dua pilihan Indonesia dan Inggris, biar kamu gak bingung mending pilih saja Bahasa Indonesia.


5. Langkah selanjutnya nanti kamu diminta memasukkan nomor  sandi atau PIN ATM sesuai PIN yang pertama kamu buat  dengan benar. Apabila kamu ingin merubahnya maka pilih tulisan UBAH di menu . Hati - hati dalam proses ini, apabila terjadi tiga kali kesalahan dalam memasukkan nomor PIN ATM maka Kartu ATM kamu akan diblokir !!! Jadi harap perhatikan ya dan pastikan kamu tidak lupa sama PIN nya...


6. Langkah selanjutnya adalah memilih jumlah nominal uang yang akan diambil. Di layar menu terdapat beberapa pilihan jumlah nominal uang  yaitu dari yang terkecil 100 ribu, 300 ribu, 500 ribu hingga yang paling besar 1 juta. Namun apabila kamu menginginkan jumlah nominal yang lain sesuai kebutuhanmu, maka kamu pilih saja menu tulisan dilayar ATM " penarikan jumlah lain " . Selanjutnya tinggal masukkan nominal angka  yang ingin kamu ambil sesuai keinginanmu.

7. Setelah kamu mantap menentukan jumlah nominal penarikan dana, lalu pilih dan tekan  " Benar " . Oh ya,  jumlah maksimal untuk satu kali transaksi penarikan uang lewat ATM hanya sampai batas maksimal Rp.1.250 ribu, apabila ternyata kamu pengin ambil lagi juga ga masalah bisa kok di ulangi lagi ngambil uangnya.

8. Selanjutnya apabila kamu ingin mendapatkan bukti transaksi terakhir, kamu bisa pilih " Ya " pada layar nanti ada tulisan pertanyaan ingin cetak receipt transaksi atau tidak ,  jika kamu pilih " tidak "  maka saldo terakhir  tabungan kamu akan muncul terpampang dilayar monitor ATM.

9. Nah , ini kamu harus perhatikan yaah. Setelah semua langkah diatas tadi sudah dilewati, kamu tunggu saja , gak pake lama nanti uangnya keluar dari mesin ATM , nah begitu sudah keluar uangnya buruan ambil berikut bukti transaksinya.

10. Langkah terakhir adalah kamu di minta memilih jawaban 'ya' atau 'tidak' dari sebuah pertanyaan di layar ATM " apakah anda ingin melanjutkan transaksi ? apabila anda masih ingin mengambil uang lagi maka tekan ya. jika tidak tekan cancel maka kartu ATM akan keluar dengan sendirinya. Jangan lupa kalau sudah selesai , kamu harus ingat Kartu ATM tidak boleh tertinggal yah...banyak loh kejadian kartu atm ketinggalan di mesin atm atau bisa juga tertelan mesin atm secara otomatis kalau lupa tertinggal. Makanya kamu tetap tenang dan jangan buru - buru yaa...




Sebagai tambahan terakhir dari saya ,ada beberapa poin penting yang perlu diketahui , yaitu sebagai berikut :

1.  Sebelum menggunakan kartu atm untuk menarik uang pastikan jumlah saldo terakhir di rekening tabungan lebih dari Rp. 100 ribu, karena jumlah saldo minimal yang bisa dipakai untuk menarik tunai di Bank Mandiri adalah Rp. 50 ribu.

2.  Layanan penarikan tunai ATM Bank Mandiri tidak bisa secara langsung mengeluarkan uang dari mesin ATM nya melebihi batas maksimal penarikan tunai yaitu Rp. 1.250 ribu. Jadi untuk pengambilan yang melebihi Rp. 1.250 ribu , harus di ulang lagi . Misal ingin mengambil uang Rp. 5 juta, maka lakukan penarikan tunai sebanyak 4 kali berlaku untuk pemegang kartu Silver Bank Mandiri, untuk pemegang kartu Gold maka lakukan transaksi penarikan tunai sebanyak 8 kali agar bisa genap Rp. 10 juta sesuai batas penarikan.

Langkah Antisipasi Keamanan Pengguna Kartu ATM

1. Bacalah Doa dan tenangkan pikiran sebelum masuk ATM. Ingat !!! Tekan tombol Cancel sebanyak dua kali sebelum memasukkan kartu ATM, untuk antisipasi. PIN harus dijaga kerahasiaannya, ganti PIN minimal tiga bulan sekali atau setahun sekali, tutupi pandangan dari siapa saja ketika memasukkan nomor PIN ATM, bisa dengan menutupi dengan jari atau benda lainnya yang memungkinkan orang lain tidak bisa melihat. Perhatikan contoh gambar berikut !!!



2. Segera urungkan aktifitas transaksi apabila  menemui hal mencurigakan misal menemukan benda seperti tas atau kabel yang terurai, dll.

3. Pastikan orang lain tidak ada yang melihat PIN dan Nomor Kartu ATM saat bertransaksi di ATM.

4. Simpan dan periksa bukti transaksi penarikan, untuk antisipasi apabila bermasalah.

5. Tetap tenang dan jangan buru - buru, agar tidak lupa setelah selesai transaksi, kartu atm tidak tertinggal di mesin ATM, karena nanti resikonya bisa tertelan atau diambil pelaku kejahatan

6.  Usahakan ada yang menemani untuk menghitung uang dan hindari tempat yang terbuka dan mengundang perhatian

7. Segera hubungi petugas bank terdekat apabila kartu atm tertelan atau mengalami masalah dalam penarikan tunai. Bilamana malam hari atau pas hari libur bank tutup tidak ada petugasnya segera hubungi layanan customer Mandiri Call 14000 ,agar kartu atm segera dimintakan untuk diblokir secepatnya..


~o~~o~~o~

Semoga artikel Cara Mudah Ambil Uang Di ATM Bank Mandiri  ini dapat membantu anda semuanya. Jangan lupa bagikan artikel ini untuk saudara atau teman ya agar semakin bermanfaat luas.

Selamat mencoba dan tetap semangat !!!

0 Responses to “Cara Mengambil Uang Di ATM Mandiri Mudah Aman Lengkap Dengan Gambar”

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih

Popular Posts