Kartu ATM Kamu Tidak Ada Chip dan Gambar Burung Garuda? Ganti Segera Dengan Kartu ATM GPN !



Assalamu 'alaikum...
Sahabat Cerdas Revormer,

Beberapa waktu yang lalu saya pernah membuat artikel tentang cara membuat rekening baru di bank Mandiri. Nah, seperti biasanya begitu kita memperoleh rekening bank, pastinya kita juga akan ditawarkan fasilitas perbankan lainnya, salah satunya penawaran kartu atm. Jaman gini gak mau pake atm ya aneh kaan...yo wes aku pun bikin kartu atm sekalian mobile banking ( baca juga artikel : Cara Aktivasi Mobile Banking ). Alhamdulillah setelah menunggu dan menfikuti langkah demi langkah akhirnya selesai, kini akupun sudah mempunyai rekening dan kartu atm plus mobile banking... Komplit daah .

Begitu saya keluar dari kantor cabang bank tersebut, datanglah teman yang dari tadi sudah setia menunggu di luar. Mungkin karena rasa penasaran, sang teman pengin lihat kartu atm yang barusan. Wajahnya begitu serius mengamati kartu atm baruku, terus dia keluarkan kartu atmnya yang lama, sambil berkata ", kok, kartu atmku beda ya padahal sama - sama satu bank dan satu jenis yaitu silver card ?

Saya pun akhirnya jadi ikut penasaran untuk memastikan omongannya. Wah, iya ternyata memang beda kalo kartu atm yang dulu belum ada chip dan logo GPN ( Gerbang Pembayaran Nasional ), logonya kalo gak visa ya mastercard. Nah, kira - kira sahabat cerdas revormer, sudah tahu belum apa sih GPN itu dan apa sih manfaat chip yang ada di kartu atm terbaru tersebut.



Berikut beberapa manfaat yang ada di dalam kartu atm berlogo GPN ini yang saya kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya.

Berdasarkan situs berita  cnn.com yang saya baca, BI menyebut sedikitnya ada lima manfaat yang bisa diperoleh masyarakat dengan menggunakan kartu debit berlogo GPN

1. Pertama, kartu dapat digunakan untuk transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia.

2. Kedua, masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman karena telah dilengkapi fitur keamanan yang terstandarisasi.

3. Ketiga, masyarakat tidak dikenakan biaya oleh toko dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR) atau penetapan tarif kepada pedagang oleh bank.

4. Keempat, masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi.

5. Kelima, biaya administasi lebih murah karena seluruh permrosesan dilakukan di dalam negeri sehingga lebih efisien. Berdasarkan catatan cnnindonesia.com, nasabah dapat menghemat biaya administrasi sekitar Rp1.000 per bulan dengan menggunakan kartu tersebut.

Biaya transaksi kartu di mesin ATM/EDC antarbank juga turun dari sebelumnya 2-3 persen menjadi 1 persen.

Selain itu, seluruh kartu berlogo GPN juga telah menggunakan teknologi chip yang lebih aman dari kejahatan perbankan, seperti skimming.

By the way, apa sih GPN itu ?....

Menurut Bank Indonesia selaku pihak yang menginisiasi kebijakan ini, GPN adalah sistem yang mengintegrasikan berbagai kanal pembayaran yang memfasilitasi transaksi elektronik. Jadi setiap bank yang beroperasi di Indonesia wajib mendukung program pemerintah ini, agar masyarakat dan bangsa ini mendapatkan manfaat.

Baca juga : ATM Mini Bank Mandiri Di Toko Prast Jaya Cindaga Kebasen Banyumas

Dilansir dari detik.com, setiap bank yang beroperasi di Indonesia wajib mengadopsi sistem GPN dan merilis kartu debit GPN berlogo garuda. Kartu debit GPN bisa digunakan di seluruh mesin electronic data capture (EDC).

Kehadiran GPN bisa memperluas layanan akses layanan sistem pembayaran melalui peningkatan interkoneksi dan interoperabilitas. Selain itu GPN juga bisa mendorong perluasan Gerakan Nasional non Tunai (GNNT) dan pengembangan perdagangan nasional berbasis elektronik.

Direktur Eksekutif Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional BI Pungky Purnomo Wibowo menjelaskan, manfaat yang paling terasa dengan GPN ini ialah saat bertransaksi secara non tunai menggunakan kartu debit.

Selama ini, setiap transaksi yang menggunakan kartu debit di mesin EDC (Electronic Data Capture) dikenakan biaya merchant discount rate(MDR) hingga 3% dari nilai transaksi.

Namun setelah adanya GPN ini, maka biaya transaksi akan lebih murah. Biaya MDR yang tadinya dikenakan hingga 3% turun menjadi sekitar 1% dengan menggunakan kartu berlogo GPN.

"Merchant diskon rate, dalam ketentuan kita itu disebutkan kalau sebelumnya kita kena 2,6-3% biaya per transaksi sekarang menjadi 1% sesuai dengan ketentuan. Kita berusaha menjaga itu, supaya masyarakat tertarik untuk melakukan transaksi secara non tunai," kata Pungky beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, Pungky mengatakan, dengan pemasangan logo GPN dalam kartu debit, maka masyarakat tidak perlu lagi memiliki banyak kartu debit dari sejumlah bank. Sebab, tak semua kartu debit dapat terkoneksi dengan seluruh ATM atau mesin EDC.

Sebelumnya, masyarakat masih disulitkan jika ingin bertransaksi dengan kartu ATM atau debit bank A di mesin EDC bank B. Karena memang beberapa sistem bank belum saling terkoneksi. Selain itu biaya yang dikenakan jika transaksi lintas bank juga cukup besar.

BI juga menyebut GPN ini bisa menekan biaya administrasi bulanan di bank, biaya transfer hingga biaya cek saldo. Ini karena seluruh sistem pembayaran sudah terkoneksi dan menyebabkan biaya yang dikeluarkan oleh penyelenggara bisa lebih mudah.

Sekedar contoh, saat ini penarikan tunai ATM Mandiri dengan bank lain menggunakan jaringan ATM bersama dikenakan biaya Rp 7.500, cek saldo Rp 4.000 kemudian biaya transfer online Rp 6.500. Jika terkoneksi maka sistem akan lebih mudah dan bisa lebih efisien.
BI menyebut dengan adanya GPN Indonesia bisa menghemat biaya fee transaksi pembayaran non tunai dalam menggunakan kartu debit.

Deputi Direktur Departemen Elektronifikasi dan GPN BI Aloysius Donanto menjelaskan penghematan terjadi dikarenakan proses routing atau proses transaksi dilakukan sepenuhnya di dalam negeri.

Selama ini, Indonesia masih menggunakan principal asing untuk memproses transaksi non tunai, sehingga perbankan harus membayar sewa jasa routing tersebut.

Sebelum ada GPN, menurut dia, biaya transaksi yang harus dibayarkan untuk kartu debit dan ATM menghabiskan Rp 25 miliar setiap harinya. Dengan GPN maka biaya transaksi menjadi Rp 7,25 miliar.

"Memang ada penghematan Rp 17,7 miliar per hari," kata dia beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan adanya logo Garuda di kartu debit membuat transaksi di merchant jadi lebih murah. Sebab, merchant discount rate (MDR) bisa lebih rendah dari sebelumnya 1,6-2,2% saat ini hanya 1%.

MDR adalah biaya yang diberikan bank kepada pedagang untuk setiap transaksi kartu debit oleh nasabah.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Departemen Elektronifikasi dan GPN BI Pungky P Wibowo menjelaskan dengan nilai MDR yang lebih rendah pedagang akan mendapatkan keuntungan yang lebih, sementara nasabah akan mendapatkan kenyamanan (sumber : detik.com)


Jadi menurut hemat saya program Gerbang Pembayaran Nasional ini sebenarnya mempunyai semangat kemandirian dan kedaulatan ekonomi di sektor keuangan. Karena sebelum adanya kebijakan ini, negara kita terbilang sangat tergantung oleh provider non tunai internasional  seperti mastercard, visa.

Oleh karena itu, wajar bila selama ini kartu debit maupun kartu kredit yang diterbitkan oleh suatu bank selalu terdapat logo Mastercard dan Visa, dan itu tentu saja menambah beban biaya sebesar 2 % - 3 %  setiap transaksi di merchant itu.

Kabar baiknya dengan kehadiran Gerbang Pembayaran Nasional ini adalah seluruh transaksi yang bersifat non tunai di lakukan oleh provider dalam negeri. Alhasil, biaya transaksi lewat EDC ( electronic data capture ) di merchant dalam negeri lebih murah tanpa pandang bulu walaupun bukan sesama bank. Biaya yang disebut Merchant Discount Rate itu selama ini sangat dipengaruhi oleh provider internasional, oleh karena itu secara signifikan negara sangat diuntungkan dengan menghemat biaya tersebut.

Untuk itu marilah kita sebagai warga negara yang baik, untuk mendukung program GPN ini, dengan mengganti kartu atm yang lama yang berlogo mastercard atau visa dengan kartu atm yang baru yang berlogo gambar burung garuda dan tulisan GPN, selain itu dengan adanya chip akan melindungi keamanan keuangan anda dari tindak kejahatan perbankan. 
Semoga Bermanfaat
Salam Cerdas !
Wassalam

0 Responses to “Kartu ATM Kamu Tidak Ada Chip dan Gambar Burung Garuda? Ganti Segera Dengan Kartu ATM GPN ! ”

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih

Popular Posts