DOA QUNUT BACAAN DAN PENGERTIANNYA BAGI ANAK JAMAN NOW




SIAPA BILANG ANAK JAMAN NOW TIDAK TAHU BACAAN DOA QUNUT  SHALAT SUBUH 


Assalamu alaikum
Sahabat beriman Revormer
Seperti yang kita ketahui bersama, sebagai umat muslim kita sudah di ajarkan bagaimana melaksanakan tata cara shalat, baik shalat yang dilakukan sendiri ( munfarid ) ataupun shalat yang dilaksanakan secara berjamaah.

Oh ya guys. kali ini kita akan membahas mengenai bacaan Doa Qunut, bagi warga nahdliyin tentunya sudah tidak asing lagi mengenai doa qunut ini. Doa Qunut  yaitu doa yang dibaca ketika kita sedang menjalankan ibadah shalat subuh. Adapun arti dari Qunut itu sendiri adalah patuh. Doa qunut dibaca ketika memasuki rakaat kedua, tepatnya sewaktu i'tidal .



Secara bahasa Qunut berarti berdii tegak, di lain pihak ada juga yang mengartikan bahwa qunut berarti sebuah doa.  Seperti yang pernah diriwayatkan oleh HR. Muslim , qunut menurut Rasulullah adalah berdiri lama. Hal ini berdasarkan sebuah riwayat beliau ketika ditanya oleh sahabat-sahabatnya.

Rasulullah  ditanya oleh sahabatnya : “Ya Rasulullah ! apakah yang utama dalam shalat itu? Rasulullah menjawab : “Lama berdiri”. (HR. Muslim).

Sedangkan pengertian menurut syara’ sendiri,  Qunut berarti  beberapa kalimat yang bersifat doa, yang dilaksanakan/dibaca  ketika sedang shalat yaitu ketika posisi  i’tidal / bangkit dari posisi ruku' pada shalat subuh di waktu raka’at yang ke dua ,  begitu kita selesai  membaca “Sami’ allahu liman khamidah”. Hukum membaca doa qunut menurut sebagian ulama adalah sunnah, khususnya pendapat dari kalangan mazhab Imam Syafi 'i. Namun walaupun begitu tulisan ini tidak bermaksud untuk menggolong-golongkan umat islam ke dalam salah satu aliran saja.

Adapun Tujuan tulisan ini adalah semata - mata  sebagai penambah wawasan keislaman kita terhadap khazanah dunia  islam yang begitu agung dan bijaksana. Bagi sebagian umat islam yang tidak membaca doa qunut, shalat subuhnya juga sah sama halnya dengan yang membaca doa qunut sewaktu shalat subuh. Karena substansi shalat secara kaidah sudah terpenuhi rukun shalatnya. 

BACAAN DOA QUNUT 

Doa Qunut Untuk Sholat Subuh Tidak Berjamaah / Sendiri ( munfarid )

Bacaan Do'a Qunut Bahasa Arab Untuk Sholat Subuh Sendirian (Munfarid)

اللّهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ
 وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ
 وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ
 وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا أَعْطَيْتَ
 وَقِنِيْ بِرَحْمَتِكَ شَرَّ مَا قَضَيْتَ
 فَإِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ
 وَإِنَّهُ لاَيَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ
 وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ
 تَبَا رَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ
 فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ
 أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
 وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِنِ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

“Allaahummah Dinii Fiiman Hadaiyt, Wa ‘aafinii Fiiman ‘Aafaiyt, Wa Tawallanii Fiiman Tawallaiyt, Wa Baarikliy Fiimaa a’toiyt, Wa qinii Syarromaa Qodloiyt, Fainnaka Taqdlii walaa yuqdloo ‘alaiyk, Wa innahu laa yadzillu maw waalayt, Walaa ya’izzuman ‘aadaiyt, Tabaarokta robbanaa wata’aalaiyt, Falakal hamdu ‘alaa maa qodloiyt, wa astaghfiruka wa atuubu ilaiyk, wa shallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadinnabiyyil ummiyyi wa’alaa aalihi wasahbihi wasallam.”

 Doa Qunut  Untuk Sholat Subuh Berjamaah Sebagai Imam

“Allaahummah Dinaa Fiiman Hadaiyt, Wa ‘aafinaa Fiiman ‘Aafaiyt, Wa Tawallanaa Fiiman Tawallaiyt, Wa Baariklanaa Fiimaa a’toiyt, Wa qinaa Syarromaa Qodloiyt, Fainnaka Taqdlii walaa yuqdloo ‘alaiyk, Wa innahu laa yadzillu maw waalayt, Walaa ya’izzuman ‘aadaiyt, Tabaarokta robbanaa wata’aalaiyt, Falakal hamdu ‘alaa maa qodloiyt, wa astaghfiruka wa atuubu ilaiyk, wa shallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadinnabiyyil ummiyyi wa’alaa aalihi wasahbihi wasallam.”




Keterangan :Kamu juga harus tahu nih guys, mengenai  perbedaan doa qunut untuk sholat subuh berjamaah maupun yang munfarid adalah terletak pada " naa" ( imam sholat subuh berjamaah ) dan "nii" yang berarti saya  pada sholat subuh munfarid atau yang dilaksanakan tanpa berjamaah/sendiri. Kalau untuk berjamaah maka artinya menjadi kami sedangkan untuk yang munfarid artinya adalah aku.
Artinya :

Ya Allah tunjukkanlah saya ( kami ) sebagaimana mereka yang sudah Engkau berikan petunjuk.

Dan kasihkanlah kesehatan kepadaku ( kami ) sebagaimana mereka yang Engkau sudah kasih kesehatan.

Dan peliharalah aku ( kami) sebagaimana orang yang telah Engkau pelihara.

Dan berilah keberkahan bagiku ( kami ) pada segala apa yang Engkau sudah karuniakan.

Dan lindungi aku ( kami ) dari segala bahaya kejahatan yang Engkau sudah pastikan.

Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum.

Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin.

Dan tidak mulia orang yang mana Engkau memusuhinya.

Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau

Maha bagi Engkau seluruh pujian di atas yang Engkau hukumkan

Aku ( kami )  memohon ampun dari Engkau dan aku ( kami ) bertaubat kepada Engkau

(Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

OK guys, kira - kira penjelasan di atas sudah dimengerti yah.. Oh ya, mulai sekarang kamu - kamu jangan malas - malasan lagi loh kalau bangun shalat subuh. Karena anak jaman now itu ciri khasnya cerdas dan smart thinking, cerdas wawasannya smart thinking dalam perilakunya, contohnya selalu menyempatkan shalat wajib lima waktu . 




Demikian kiranya penjelasan mengenai doa qunut dalam ibadah shalat subuh yang penulis  peroleh dari berbagai sumber dan pengalaman penulis sendiri yang  sedari kecil terbiasa membaca doa qunut ketika menjalankan ibadah shalat subuh.. Mohon maaf apabila ada kekeliruan dalam penulisan artikel ini. Semangat guys !!!


Semoga bermanfaat
Wassalam

0 Responses to “DOA QUNUT BACAAN DAN PENGERTIANNYA BAGI ANAK JAMAN NOW ”

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih

Popular Posts