REVORMER

Blog berbagi tips dan info bermanfaat seputar dunia android

MENGENAL KAPAL CURAH SEMEN ( BULK CARRIER CEMENT VESSEL ) SISTEM PNEUMATIC BESERTA PERALATAN BONGKAR MUATNYA

MV. YOUNG 2015 Sedang bongkar muatan di Dumai 



MENGENAL KAPAL CURAH SEMEN ( BULK CARRIER CEMENT VESSEL ) 
SISTEM PNEUMATIC 



Assalamu alaikum
Sahabat Revormer

Mungkin diantara sekian banyak pembaca setia blog sederhana ini, ada diantaranya yang berprofesi sebagai pelaut atau seafarers. Nah, bagi yang bermaksud ingin bekerja atau sekedar ingin tahu bagaimana gambaran umumnya mengenai Kapal Curah Semen ( Bulk Carrier Cement Vessel ), mari kita belajar bareng di sini. Bagi sahabat yang kebetulan sudah pernah bekerja di kapal jenis ini, silahkan nanti memberikan masukan atau mengkoreksi barangkali ada yang keliru dalam penyampaian materi tulisan ini. Mari kita belajar bersama melalui dunia maya, tak kenal maka tak sayang.


PENGERTIAN PNEUMATIC

Istilah pneumatic secara asal kata berasal dari bahasa Yunani yaitu “pneuma” yang berarti nafas atau udara.Jadi Pneumatic bisa dikatakan sebuah teknik atau cara pemanfaatan udara yang terkompresi untuk menggerakkan pesawat kerja,peralatan atau mesin dalam suatu industri.Dalam tulisan ini saya akan membahas pneumatic secara khusus dalam sistem bongkar muat di kapal bulk carrier cement .Seperti arti pneumatic yang berarti nafas/udara, maka kapal jenis ini harus mempunyai Compressor yang memadai untuk mensuplai angin agar sistem pneumatic bisa berjalan maksimal ,biasanya besaran tekanan anginnya sudah ditentukan disesuaikan dengan kebutuhan peralatan bongkar muat di atas kapal tersebut.Demikian yang bisa saya sampaikan tentang sistem pneumatic ,apabila ada kekurangan dalam pembahasan ini mohon kiranya dilengkapi ,karna sebenarnya masih banyak urutan prosedur alatnya .Semoga tulisan ini bermanfaat buat para pembaca sekalian.Salam Solidaritas


Daftar Istilah Peralatan  Bongkar Muat Di Kapal Bulk Carrier Cement

Seperti halnya kapal- kapal lainnya,setiap kapal akan dilengkapi dengan berbagai peralatan  canggih dan permesinan yang dirancang khusus untuk menjalankan proses bongkar muat secara efektif dan efisien.

Berikut daftar nama- nama peralatan mesin bongkar muat di kapal bulk carrier cement , yaitu sebagai berikut :


1. Bucket Elevator

2. Chain Conveyor

3. Bag Filter

4. Blower Air slide

5. Cellar Tank

6. Rubber Hose

7. Bag Filter Shaking

8.  Root Blower

9.  Line Loading

10. Line Discharge
11. Motor Bucket

12. Over Flow Pipe

13. Exhaust Line

14. Outlet Line

15. Inlet Cellar Tank

16. Air Dryer

17. Cellenoid Valve

18. Baby Compressor

19. Air Tank Main  Compressor

20. Rubber Hose
Demikian kiranya yang bisa penulis sampaikan,apabila ada kekurangan mohon sumbang sarannya agar menjadi lebih baik lagi.

Semoga Bermanfaat.

Salam Cerdas Revormer !

Wassalam

0 Responses to “MENGENAL KAPAL CURAH SEMEN ( BULK CARRIER CEMENT VESSEL ) SISTEM PNEUMATIC BESERTA PERALATAN BONGKAR MUATNYA ”

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih

Popular Posts