SOLUSI MUDAH MEMUNCULKAN KOLOM KOMENTAR BLOG DI VERSI MOBILE/HAPE





CARA MENGATASI KOLOM KOMENTAR   BLOG TIDAK MUNCUL  DI  VERSI MOBILE /HANDPHONE SAMBIL BELAJAR EDIT HTML


Alhamdulillah, akhirnya setelah sekitar dua jam di buat pusing dengan tidak mau munculnya kolom komentar di blog revormer.com versi mobile, akhirnya dengan rasa bangga dan plong perasaan ini begitu gembira bukan main. Awalnya penulis tidak sadar kalau kolom komentar di blog ini tidak muncul di tampilan handphone. Untung ada pembaca setia yang inbox, menanyakan mengapa dia tidak bisa komentar di blog revormer.com. Terang saja penulis kaget bukan main, sama sekali tidak menyangka akan mengalami masalah ini. Karena sebelumnya semua settingan  untuk komentar sudah sesuai pakem yang ada di menu settingan blogger. 

Bagi seorang blogger kejadian ini memang wajar terjadi, apalagi kalau template kita ini bukanlah template beli, seperti template penulis ini adalah hasil pemberian dari ndan priono Ketua DKC IMNU Banyumas, yang sudah penulis modifikasi sedemikian rupa menyesuaikan konten yang ada.


Tanpa pikir panjang, penulis langsung meluncur ke TKP, dan benar saja kolom komentar hanya berisi komentar terdahulu  tanpa disertai kotak komentar, tentu saja pembaca bingung mau kasih komentar dimana. Maklum saja, kolom komentar di dalam sebuah blog sangatlah penting, karena lewat kolom komentar ini komunikasi dan respon antara pemilik blog dan pembacanya bisa berjalan efektif. Lewat komentar mereka kita bias tahu bagaimana reaksi dan apresiasi pembaca terhadap hasil tulisan kita.


Nah kali ini, penulis akan memberikan  penjelasan singkat bagaimana mengatasi kolom komentar yang tidak bisa muncul di blogger versi tampilan mobile/handphone. Tulisan ini penulis dapatkan  berdasarkan pengalaman yang sudah teruji  dalam mencari solusi atas masalah tersebut diatas, terus terang penulis sendiri juga masih banyak belajar  dari para master – master. Adapun maksud  dan tujuan postingan ini semata-mata sebagai sharing pengalaman sesama blogger dan ajang belajar bersama bagi blogger pemula seperti penulis sendiri.




Cara Mengatasi Kolom Komentar  Blog Yang Tidak Muncul Di Tampilan Mobile/ Hape



1.Buka Dashboard Menu Blogger lewat computer atau laptop

2.Selanjutnya Pilih Tema

3.Lalu Edit HTML 

4.Setelah itu  letakkan kursor mouse ke kotak html, sembarang saja di dalam  kotak html
 template
5.Selanjutnya Tekan Ctrl + F 

6.Nanti akan muncul kotak kecil kosong di sudut kanannya, nah ketik (  </style>  ), tanpa tanda kurung di kotak kosong tersebut. 

7.Setelah itu letakkan kode script  .blogger-iframe-colorize {display: block !important; } yang saya tandai dengan background warna biru ini ini tepat di atas nya (  </style>  ), tanpa tanda kurung.

8.Ada banyak kode script (  </style>  ) di template untuk itu  pastikan yang letaknya dekat dengan 
( <style type='text/css'>  ), berdasarkan pengalaman pribadi penulis  kita tinggal copy paste saja kode 
 ( .blogger-iframe-colorize {display: block !important; } )
 di bawah kode script  (  <style type='text/css'>   ) atau di atas  (   </style>  )






Letakkan kode .blogger-iframe-colorize {display: block !important; } warna biru tepat di antara kode <style type='text/css'> dan kode </style>, sengaja penulis tandai dengan warna merah agar tidak bingung.

<b:if cond='data:blog.isMobile'>
<style type='text/css'>
.blogger-iframe-colorize {display: block !important; }
.mobile #imnu-wrap{width:auto;max-width:600px;padding:0px}.mobile #imnu-contents{width:100%}.mobile #imnu-main{width:auto;padding:5px;float:none}.mobile #imnu-sidebar{width:auto;padding:5px;float:none}.mobile #footer{width:100%}.mobile #nav li a{padding:0 15px;border-right:0px}.mobile .post{margin:0px 0px 10px 0px;padding:0px 0px 10px 0px}.mobile .post h1,.mobile .post h2{font-size:13px}.mobile #blog-pager{width:auto;padding:5px;margin:5px}.mobile .post-body img,.mobile .post-body iframe,.mobile .post-body embed{max-width:100%}.mobile object{width:100%}</style>



1:  <b:if cond='data:blog.isMobile'>  
2:  <style type='text/css'>  
3:  .blogger-iframe-colorize {display: block !important; }  
4:  .mobile #imnu-wrap{width:auto;max-width:600px;padding:0px}.mobile #imnu-contents{width:100%}.mobile #imnu-main{width:auto;padding:5px;float:none}.mobile #imnu-sidebar{width:auto;padding:5px;float:none}.mobile #footer{width:100%}.mobile #nav li a{padding:0 15px;border-right:0px}.mobile .post{margin:0px 0px 10px 0px;padding:0px 0px 10px 0px}.mobile .post h1,.mobile .post h2{font-size:13px}.mobile #blog-pager{width:auto;padding:5px;margin:5px}.mobile .post-body img,.mobile .post-body iframe,.mobile .post-body embed{max-width:100%}.mobile object{width:100%}</style>  





Sebelumnya penulis juga beberapa kali mengalami kegagalan, hal itu dikarenakan template setiap blogger berbeda sehingga letak atau penempatan kode scriptnya juga berbeda,  namun setelah di coba dengan meletakkan sesuai contoh gambar di atas,  alhamdulillah akhirnya kotak komentar blog di handphone muncul. Silahkan cek kolom komentar di  www.revormer.com via hape sahabat, kalau tidak percaya.  Kunci keberhasilannya menurut penulis, jangan cepat menyerah dan berani mencoba dari kesalahan. Oh ya, semua ini juga tak lupa karena kemurahan hati para master - master dan juga atas ijin Allah, jadi sebaiknya berdoalah sesuai agama masing-masing sebelum mencoba  tips dari penulis. Jangan lupa setelah berhasil ucapkan rasa syukur dan doakan yang terbaik buat kawan-kawan sesama blogger yang telah rela berbagi ilmunya kepada kita, semoga apa yang mereka bagikan menjadi  berkah. Aamiin.

Semoga Bermanfaat
Salam Cerdas Revormer !
Wassalam


0 Responses to “SOLUSI MUDAH MEMUNCULKAN KOLOM KOMENTAR BLOG DI VERSI MOBILE/HAPE”

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih

Popular Posts