Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Rumahan Yang Nikmat Dan Praktis Di Banyumas


Assalamu alaikum
Sahabat revormer, bagaimana kabarnya nih. Kalau lagi bengong begini enaknya ngapain yah...pilihannya cuma ada dua kalau gak makan pasti ya main hape...hehe
Bagaimana kalau sekali waktu kamu-kamu jangan bisanya cuma jajan alias makan di luar dong, ayoo belajar bikin sesuatu gituu dong...buktikan merahmu 💪😍


Oh ya, kebetulan sekali penulis pernah loh mengunjungi kota makassar, waktu itu penulis nongkrong di deretan warung tenda yang berjejer sepanjang pantai losari. Perlu kamu tahu ya guys, kalau ke makassar rasanya tidak lengkap kalau belum nengok pantai losari, apalagi kalau malam minggu wah rame banget guys. 

Nah, disitu kita bisa menikmati suasana santai di pantai, sambil menikmati berbagai kuliner khas sulawesi, misalnya Es Pisang Ijo yang pastinya kamu juga sudah pernah makan tentunya. Berhubung  gak kuat ongkosnya kalau harus beli tiket pesawat buat menikmati es pisang ijo di sana, gak ada salahnya mending bikin saja sendiri...


Yuuk, langsung saja kita belajar bareng bagaimana Cara Membuat Es Pisang Ijo Rumahan yang Nikmat Dan Praktis

Caranya adalah sebagai berikut :


Bahan - bahan Kulit Pisang Ijo :


  1. Pisang  5 buah
  2. 5 sdm tepung beras
  3. 5 sdm tepung terigu
  4. 1 helai pandan
  5. Pandan pasta hijau secukupnya
  6. Garam secukupnya
  7. 300 - 400 ml santan
  8. 1,5 sdm mentega




Bahan Bubur Putih :
  • 1.500 ml santan kelapa
  • Garam secukupnya
  • 2 helai daun pandan

Bahan Saus dan topping : 
  • Sirup cocopandan warna merah merk sesuai selera
  • Krimer  kental manis sembarang merk
  • Kacang tanah yang sudah disangrai lalu di tumbuk halus




CARA MEMBUAT ES PISANG IJO RUMAHAN PRAKTIS DAN NIKMAT


MEMBUAT BUBUR PUTIH 

Campurkan santan kelapa dengan tepung beras, garam lalu disaring, panaskan sampai mengental sambil diaduk-aduk hingga matang. Usahakan jangan sampai berhenti mengaduk, agar adonan tidak menggumpal.





MEMBUAT PISANG IJO 

1. Langkah pertama, kukus pisang yang tadi sudah dipersiapkan, usahakan pisangnya sudah matang dan tidak terlalu lembek, agar bentuknya padat nanti setelah dibentuk dengan adonan kulit pisang ijo. Kalau saya senangnya pisang raja yang manis atau pisang kepok. Setelah matang , angkat lalu dinginkan

2. Langkah ke dua, campur semua bahan - bahan kulit di atas loyang/wajan  anti lengket dengan panas sedang saja, pokoknya usahakan tidak terlalu panas. sambil diaduk- aduk sampai  adonan nantinya kalis. Jangan sampai berhenti diaduk, karena nanti bisa menggumpal adonannya, perhatikan warnanya pertamanya akan hijau muda tunggu saja nanti kalau warnanya sudah berubah menjadi hijau tua berarti adonan sudah matang. Angkat adonan kalau sudah matang, dinginkan
 
3. Langkah ke tiga, bungkus pisang yang telah dikukus tadi dengan adonan kulitnya. Caranya yaitu  masukkan adonan ke dalam plastik bersih , pipihkan menjadi tipis-tipis.

4. Langkah ke empat,membuat pisang ijonya, letakkan pisang di tengahnya adonan kulit tadi, usahakan pisang tertutupi rata oleh adonan, lalu tekan dan gulung-gulung agar pisangnya menyatu dengan adonan kulit, jangan lupa bagian ujung ditekan dan diputar, agar tertutup semua. Kelebihan dari cara ini tangan kita tidak lengket dan belepotan. 

5. Langkah terakhir, kukus pisang ijo yang sudah dibungkus kulit adonan selama 10 menit, usahakan airnya pada waktu memasukkan sudah mendidih. Angkat lalu  potong bulat - bulat, kira- kira saja ukurannya.

Baca juga artikel kuliner lainnya : Nasi Goreng Sehat No Kinyis-kinyis



Cara Menghidangkan Es Pisang Ijo Rumahan Praktis Dan Nikmat

Siapkan Mangkuk yang sudah di cuci bersih, lalu isi dengan bubur putih kira-kira setengah mangkuk saja, lalu isikan pisang ijo yang sudah di potong bulat tadi, satu mangkuk kira-kira saja lima potong atau enam potong.Selanjutnya masukkan kacang tanah yang sudah di haluskan,sesuai selera, siram dengan krimer kental manis dan sirup cocopandan merah di atasnya.


Selamat !!! ES PISANG IJO RUMAHAN NIKMAT DAN PRAKTIS 

Siap dihidangkan bersama keluarga di rumah, lebih nikmat dinikmati selagi dingin.

Selamat mencoba 
Wassalam.

0 Responses to “Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Rumahan Yang Nikmat Dan Praktis Di Banyumas”

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih

Popular Posts