Inilah Alasan Google+ Ditutup Dan Imbasnya Bagi Blogger - REVORMER

Google Search

Inilah Alasan Google+ Ditutup Dan Imbasnya Bagi Blogger

Google+ ditutup ini imbasnya bagi blogger


Assalamu alaikum
Sahabat sudah dengar belum berita tentang rencana penutupan google+ ( dibaca googleplus ) ? Kalau belum revormer akan mengulas sedikit tentang penutupan google+ dan mengapa google+ dihentikan layanannya oleh google serta imbasnya bagi blogger

Produk google satu ini nyatanya cuma bertahan selama 7 tahun saja meramaikan persaingan platform media sosial yang saat ini masih didominasi facebook menyusul youtube dan instagram di belakangnya

Memang pada awalnya,  google+ sepertinya akan menjadi lawan yang sepadan untuk mematahkan kursi singgasana sang raja medsos Facebook. Namun jalannya sejarah berkata lain.

Bahkan, pada akhir tahun 2011, Google+ mendapatkan predikat "Top 10 Social Web Products of 2011" Dari ReadWriteWeb.com yang mengadakan survei tentang situs jejaring sosial terbaik di dunia. Optimisme pun sepertinya berpihak pada Google+ yang saat itu penggunanya menembus hingga 750 juta orang.

Google+ yang  pertama kali di rilis pada 28 juni 2011 ini merupakan sebuah proyek google yang fokus pada situs jejaring sosial pengganti google buzz.

Sebelum bernama  google+ , oleh sang penciptanya yang bernama Vic Gundrota dan David Horowitz situs jejaring sosial ini diberi nama google me, dan akhirnya namanya menjadi google+1 atau google+

Ada kisah yang menarik dibalik sejarah singkat google+ ini, yaitu bagaimana proyek situs jejaring sosial yang diberi nama sandi "emerald sea" ini tercipta.


Dalam buku mengenai Google berjudul "In the Plex: How Google Thinks, Work and Shapes Our Lives" yang ditulis oleh Steven Levy. Dikisahkan bahwa sebenarnya "Emerald Sea" ini merupakan sebuah judul lukisan lawas tahun 1978 karya seniman jerman yang bernama Albert Bierstadt. 


Dalam lukisan tersebut digambarkan ada sebuah kapal yang sedang berlayar di tengah lautan menerjang hantaman ombak yang besar. Nah, dari situlah sang pencipta google+ ini berpikir bahwa secara logika kapal tersebut diibaratkan google dan ombak yang menerjang adalah para pesaing google seperti facebook dan yang lainnya.


Namun apa daya, perjalanan takdir google+ harus berakhir  total pada bulan april mendatang , sebelumnya penutupan tersebut direncanakan agustus 2019 namun akhirnya dipercepat  ditengah terjangan masalah kebocoran data 500.000 penggunanya


Alasan Google+ Ditutup

Sebelum pihak google memutuskan untuk menghentikan layanan situs media sosial google+ ini, tentu ada alasan-alasan yang mendasarinya. Beberapa alasan tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Jumlah pengguna aktif google+ yang sedikit dibanding dengan situs media sosial lainnya

2. Hal itu ditambah lagi dengan minimnya pengguna google+ yang hanya membuka situs media sosial besutan google.inc ini yang cuma sekitar 2 detik.

Bayangkan saja sebuah halaman situs hanya terbuka sesingkat itu, seperti halnya orang numpang lewat saja ...

3. Tidak cukup sampai disitu, adanya laporan kebocoran data para pengguna google+ baru-baru ini turut menjadi alasan utama dihentikannya layanan situs jejaring sosial milik google ini.


Dilansir Reuters pada Selasa (9/10/2018), penyebab kebocoran data pengguna ditengarai berasal dari sebuah bug API di dalam platform, yang bisa memberikan akses kepada pengembang aplikasi pihak ketiga untuk mengakses profil dan data pribadi pengguna Google+.( sumber : liputan6.com )

 Imbas Google+ ditutup bagi Blogger

Bagi para blogger yang notabene blognya bernaung dibawah google, tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur-fitur blogspot. Dimana salah satu widgetnya adalah adanya profil google+, pengikut google+ serta tombol berbagi google+ yang secara default terpasang di blogger.


Walaupun bagi kebanyakan blogger profesional, kadang fitur google+ tersebut disembunyikan dari tampilan antarmuka blognya.

Seperti yang revormer.com alami sendiri, baru saja ada sebuah notifikasi dari google yang memberitahukan bahwa fitur google+ secara resmi akan dihilangkan dari menu widget blogger.

Berikut screenshot pemberitahuan google mengenai penon aktifan google+ di blogger


Imbas Google+ ditutup bagi Blogger


Sebagai tindak lanjut dari pengumuman penghentian google+ API yang dijadwalkan akan dilakukan pada maret 2019, sejumlah perubahan akan dilakukan pada integrasi google+ di blogger pada 4 februari 2019

1. Widget Google+ tidak tersedia lagi

Dukungan untuk widget "Tombol +1", "Pengikut Google+", dan " Badge Google+" pada tata letak tidak akan tersedia lagi. Semua instance widget ini akan dihapus dari blogger


2.  Tombol +1 tidak tersedia lagi

Tombol +1 atau G+ dan link berbagi Google+ dibawah entri blog dan yang terdapat pada menu navigasi akan dihapus
Bagi blogger yang templatenya memakai template custom yang menyertakan google+, maka perlu di edit lagi untuk memperbaruinya, sehingga tampilannya tidak ada lagi fitur google+ di halaman situs atau blognya


3. Komentar Google+ akan di non aktifkan

Jadi bagi para blogger untuk selanjutnya menggunakan komentar sebagai blogger. Namun sayangnya komentar yang sudah diposting sebagai komentar google+ tidak bisa dimigrasikan ke komentar blogger, akibatnya tentu saja komentar tersebut akan hilang dari peredaran alias tidak muncul di kolom komentar blog


Demikian kiranya semoga bermanfaat, artikel yang berisi informasi mengenai penghentian atau penutupan Google+ dan imbasnya bagi Blogger. Sampai jumpa di artikel berikutnya dan jangan lupa Salam Cerdas Revormer ! 
Wassalam



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk " Inilah Alasan Google+ Ditutup Dan Imbasnya Bagi Blogger"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel