Rapat Koordinasi Pengembangan UMKM Antara ASPIKMAS DINKOPUMKM Dan DISPERINDAG Banyumas - REVORMER.COM

Google Search

Rapat Koordinasi Pengembangan UMKM Antara ASPIKMAS DINKOPUMKM Dan DISPERINDAG Banyumas

Pada hari rabu, 16 desember 2020 bertempat di White Cafe Resto yang beralamat di Jalan Gelora Indah I Mangunjaya, Purwokerto diadakan Rapat Koordinasi Pengembangan UMKM Banyumas yang difasilitasi oleh Dinkopumkm Banyumas beserta Disperindag Banyumas dengan mengundang para fungsionaris ASPIKMAS seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Banyumas.

Dalam kesempatan tersebut Bapak Ari Kuswoyo Kabid UMKM Banyumas berkesempatan memberikan kata sambutan sekaligus pembukaan Rapat Koordinasi Pengembangan UMKM Banyumas.

Beliau mengatakan bahwa nantinya di tahun depan pemerintah akan lebih memperhatikan sektor UMKM agar makin naik kelas dengan menggandeng seluruh stakeholder dan shareholder termasuk ASPIKMAS sebagai mitra resmi satu-satunya yang akan lebih dimaksimalkan perannya serta didukung regulasi yang akan makin menguatkan fungsi dan kedudukannya dalam menjembatani serta menaungi kepentingan para pengusaha UMKM di wilayah kabupaten Banyumas. 

Pak Ari Kuswoyo selaku Kabid UMKM Banyumas juga menambahkan bahwa anggaran untuk sektor UMKM akan dinaikkan secara signifikan, hal ini sebagai bukti keseriusan pemerintah kabupaten Banyumas dalam upaya memberdayakan potensi ekonomi masyarakat lewat sektor UMKM.



Sementara itu Ibu Endang dari perwakilan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas juga menegaskan kembali dukungan pemerintah kabupaten banyumas dalam menaikkankapasitas serta kualitas umkm mikro menjadi usaha berskala industri yang berorientasi ekspor dengan menawarkan program coaching export bagi para pengusaha umkm, sehingga nantinya mereka bisa mejadi eksportir handal pendulang devisa negara.

Dalam kesempatan berikutnya, pak Kokos yang merupakan pegiat kerajinan serabut kelapa dan kerajinan eceng gondok yang sengaja di hadirkan sebagai pemateri sekaligus motivator mengatakan  bahwa sebenarnya banyak potensi masyarakat pedesaan yang bisa di olah menjadi suatu produk bernilai ekonomi tinggi asalkan mempunyai semangat perubahan dan mempunyai kreatifitas tinggi.



Saat ini hasil kerajinan tangan dari serabut kelapanya bahkan sudah di ekspor hingga ke manca negara menyusul nantinya akan dikembangkan lagi produk-produk dari kulit nanas, kulit batang pohon pisang/gedebog pisang serta kulit jagung.

Dalam kesempatan yang sama, Mas Pujianto,SE selaku Ketua Umum ASPIKMAS juga turut memberikan sambutan sekaligus menyampaikan aspirasi para anggota ASPIKMAS yang notabene adalah para pengusaha UMKM di Kabupaten Banyumas.



Ada beberapa poin yang di sampaikan oleh Ketua ASPIKMAS Mas Pujianto, yaitu antara lain :

1. Melaporkan jumlah anggota ASPIKMAS yang sampai saat ini sudah terdaftar secara resmi yang berjumlah sekitar 2500 pelaku UMKM.

2. Memaparkan survey mandiri kecil-kecilan yang terdiri atas problem-problem yang dihadapi oleh para pelaku UMKM yaitu kendala pemasaran produk serta permodalan yang sangat dibutuhkan di masa pandemi covid-19 ini agar tetap eksis dan survive

3. Optimisme yang tercipta dengan lahirnya ASPIKMAS menjadi momentum memaksimalkan energi pemberdayaan yang nantinya diharapkan semua sektor bisa saling bersinergi dan berkolaborasi dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat banyumas.

4. Perlunya support anggaran dana untuk membantu kelancaran operasional implementasi pemberdayaan UMKM sehingga lebih maksimal.

5. Himbauan agar para pengurus ASPIKMAS yang saat ini terbentuk di 27 kecamatan tetap solid dan tetap semangat karena amanah yang diemban begitu besar, hal ini karena ekspektasi terhadap ASPIKMAS secara kelembagaan pastinya sudah ditunggu-tunggu oleh para anggotanya.

6. Terakhir Ketua ASPIKMAS berpesan agar pihak pemerintah betul-betul mendukung UMKM dengan menyerap produk-produk mereka agar pertumbuhan UMKM semakin meningkat

Setelah sesi sambutan dari para pemateri selesai, rapat koordinasi pengembangan UMKM dilanjutkan sesi diskusi dan tanya jawab, sembari makan siang yang sudah disiapkan oleh panitia penyelenggara. Para pengurus ASPIKMAS yang datang dari 27 kecamatan terlihat sangat antusias dalam menyampaikan pertanyaan serta pendapatnya, hal ini terlihat dari aura positif serta optimisme yang terpancar dari wajah mereka.

Tak terasa waktu sudah menginjak pukul 13.00 maka Rapat Pengembangan UMKM Banyumas pun selesai dan dengan bacaan hamdallah ditutup oleh Bapak Ari Kuswoyo selaku kabid UMKM Banyumas.

Dokumentasi kegiatan Rapat Koordinasi Pengembangan UMKM ini juga bisa anda saksikan di channel youtube revormer.com. Silahkan tonton videonya di bawah ini, jangan lupa untuk memberikan like dan subscribenya agar  channel youtube kami makin berkembang.


Demikian laporan kegiatan Rapat Koordinasi Pengembangan UMKM bersama ASPIKMAS,  Dinas Koperasi dan UMKM Banyumas serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banyumas ini revormer.com sampaikan. Mohon maaf apabila ada kekeliruan kalimat dan redaksional, semoga bermanfaat untuk kita berbuat.

Salam Cerdas Revormer !



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Rapat Koordinasi Pengembangan UMKM Antara ASPIKMAS DINKOPUMKM Dan DISPERINDAG Banyumas"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

AYO DAFTAR PROMO DOMAIN DAN HOSTING MURAH

Hosting Unlimited Indonesia