Festival Kambing Dermaji 2023 Wujud Nyata Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa - REVORMER.COM
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
WPDealer 728x90

Festival Kambing Dermaji 2023 Wujud Nyata Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa

 

Bertempat di lapangan Desa Dermaji Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas, pada hari Sabtu tanggal 17 Juni 2023 telah dilaksanakan Acara Festival Kambing Dermaji 2023.

Event Festival Kambing Desa Dermaji kali ini adalah yang ke tiga kalinya sejak pertama digelar Festival Kambing Desa Dermaji Tahun 2016, selanjutnya dua tahun setelahnya yaitu Tahun 2018 juga digelar acara serupa. Namun karena pandemi Covid-19, Festival Kambing Desa Dermaji vakum sementara menunggu situasi kembali normal.


Acara Festival Kambing Dermaji 2023 dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Banyumas Bapak Dr. Budhi Setiawan, Wakil Bupati Banyumas Bapak Drs.H. Sadewo Tri Lastiono, MM, Camat Lumbir Ibu Susanti yang biasa di panggil BCL ( Bu Camat Lumbir ), Danramil, Kapolsek Lumbir, Perwakilan Dinas Peternakan Kabupaten Banyumas, Ketua FORMAPP Lumbir, dan juga Tokoh Masyarakat dan Pegiat Desa dari luar Kecamatan Lumbir.

Dalam ajang Festival Kambing Dermaji 2023, para peserta dibatasi hanya untuk peternak kambing lokal Desa Dermaji, hal ini bertujuan untuk melindungi sekaligus memberdayakan potensi lokal sehingga para peternak kambing lokal semakin bersemangat dalam membudidayakan kambingnya.

Selain itu nantinya kambing tersebut bisa dibeli dengan harga yang tinggi setelah menang kontes, tentu saja secara tidak langsung meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Dermaji.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Dermaji Kades Bayu Setyo Nugroho, S.Pd, M.Si menyampaikan rasa bangganya kepada masyarakat yang penuh antusiasme mengikuti event Festival Kambing Dermaji 2023, dan tak lupa juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ketua DPRD Kabupaten Banyumas bersama Wakil Bupati Banyumas.

Ketua DPRD Kabupaten Banyumas dan Wakil Bupati Banyumas, serta Camat Lumbir dalam sambutannya menyampaikan dukungan dan komitmennya agar nantinya event Festival Kambing Dermaji ini bisa ditingkatkan menjadi event tingkat Kabupaten. Tak hanya itu, harapannya dimasa mendatang, Kecamatan Lumbir dan Gumelar bisa menjadi Daerah Korporasi Ternak Kambing terbesar di Jawa Tengah. Sehingga makin meningkat kesejahteraan masyarakat di kawasan tersebut.



Pak Dewo juga menambahkan bahwa kegiatan Festival Kambing Dermaji 2023 ini merupakan contoh nyata manfaat penggunaan Dana Desa  untuk Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi dan Peningkatan SDM Masyarakat Desa. 



Walaupun Desa Dermaji termasuk desa yang secara geografis jauh dari keramaian kota, namun secara kualitas pemerintah desanya dalam mengelola dana desa layak diapresiasi, wajar jika Kadesnya bisa terpilih hingga 3 periode dan periode tahun ini adalah yang terakhir beliau menjabat selaku Kades Dermaji. Informasi terakhir yang Revormer terima, Pak Bayu akan maju menjadi Caleg DPRD Kabupaten Banyumas lewat Partai PDI Perjuangan.

Demikian informasi liputan Festival Kambing Dermaji 2023 kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk para pembaca
Salam Cerdas Revormer !!!

Tonton YouTube nya di sini 



 


Posting Komentar untuk "Festival Kambing Dermaji 2023 Wujud Nyata Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa "