Cara Hitung Masa Subur Wanita - REVORMER Blog Berbagi Informasi Bermanfaat

Google Search

Cara Hitung Masa Subur Wanita

CARA Hitung Masa Subur  Wanita Agar Lebih (Cepat Hamil)

Cara Hitung Masa Subur Wanita

Assalamu alaikum, apa kabar sahabat.semoga hari ini kalian dalam keadaan baik saja yach...kali ini saya pengin berbagi tulisan buat sahabat yang pengin cepet punya momongan.
Sahabat pastinya  tahu, kehamilan merupakan saat yang paling ditunggu oleh sebagian besar pasangan yang telah menikah. Terlebih bagi pasangan yang sudah lama menikah namun belum dikaruniai momongan. Nah, apakah anda termasuk salah satunya?

Perlu diketahui, apabila Anda sedang berencana hamil, satu hal yang penting untuk diperhatikan ialah informasi mengenai kapan masa subur Anda. Untuk yang belum tahu, masa subur adalah suatu masa di dalam siklus haid wanita ketika sel telur dalam kondisi matang dan siap dibuahi oleh sel sperma.
Dan biasanya, pasangan yang melakukan hubungan seksual pada masa subur ini, memiliki potensi hamil lebih tinggi, dibandingkan mereka yang berhubungan badan diluar masa subur.

Kapan Masa Subur Wanita Terjadi?

Tentunya, banyak dari anda yang menanyakan ini. Nah, disini kami jelaskan, biasanya masa subur wanita terjadi pada masa ovulasi, sekitar 12-14 hari sebelum terjadi haid. Namun, masing-masing individu dapat berbeda bergantung pada siklus haid. Jika anda memiliki siklus menstruasi pendek, misalnya hanya 22 hari, ovulasi dapat terjadi hanya beberapa hari setelah menstruasi. Sementara, apabila Anda memiliki siklus menstruasi 28 hari, maka rata-rata masa subur terjadi pada hari ke-10 sampai ke-17 setelah menstruasi.
Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Lebih Cepat Hamil
Selain itu, kehamilan juga ditentukan oleh proses sperma bertemu sel telur. Sel telur yang sudah matang harus dibuahi dalam waktu 12 sampai 24 jam setelah terjadi ovulasi agar dapat hamil.

Bagaimana Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Nah, berikut ini kami bagikan penjelasan mengenai cara menghitung masa subur. Jangan khawatir tidak paham, karena sebenarnya cara menghitungnya cukup mudah. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Ketahui Panjang Siklus Haid Anda
Lakukan pengamatan siklus haid Anda selama paling  tidak delapan bulan untuk mengetahui rata-rata siklus haid anda.

2. Hitung Perkiraan Masa Subur
Selanjutnya, cari siklus terpendek dan siklus terpanjang dari haid Anda setiap bulannya. Perkiraan masa subur dapat dihitung dengan perhitungan berikut:

1. Kurangi 18 hari dari siklus haid terpendek Anda. Misalnya, siklus haid terpendek Anda 25 hari, maka hari pertama masa subur Anda adalah hari ke-7 setelah hari pertama haid.

2. Kurangi 11 hari dari siklus haid terpanjang Anda. Misalnya, siklus haid terpanjang Anda adalah 30 hari, maka hari terakhir masa subur Anda adalah hari ke-19 setelah hari pertama haid.

3. Jadi jika siklus haid Anda berlangsung selama 25-30 hari, maka masa subur Anda terjadi pada hari ke-7 sampai 30 setelah haid.

Penyebab Wanita Tidak Subur dan Susah Hamil

Terdapat suatu hal atau kondisi, dimana seorang wanita kesulitan untuk hamil walaupun sudah memperhitungkan periode ovulasi dan berhubungan seksual secara rutin pada masa-masa subur. Hal ini bisa jadi merupakan tanda bahwa seorang wanita tidak subur.
Nah, apa penyebab seorang wanita tidak subur? Berikut adalah beberapa penyebab ketidaksuburan pada wanita yang perlu Anda ketahui.

Usia
Di usia 30 ke atas, kesuburan wanita pada umumnya akan mulai menurun. Selain mengalami kesulitan untuk hamil, resiko keguguran juga lebih tinggi pada wanita yang sudah berumur.

Kebiasaan Merokok
Banyak gangguan kehamilan disebabkan oleh kebiasaan merokok, seperti gangguan pada tabung saluran indung telur, leher rahim, hingga meningkatnya risiko keguguran. Rokok juga dapat menurunkan kemungkinan hamil karena indung telur mengalami penuaan lebih cepat dan menghabiskan sel telur sebelum waktunya.

Berat Badan
Terlalu gemuk atau terlalu kurus juga dapat mempengaruhi tingkat kesuburan wanita. Pasalnya, berat badan Anda dapat  memengaruhi kadar hormon yang ada di dalam tubuh, termasuk hormon yang berperan dalam proses ovulasi. Biasakan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi dan melakukan olahraga secara teratur untuk mendapatkan berat badan normal.

Gangguan Ovulasi
Menurut penelitian yang dilakukan para ahli, adanya masalah atau gangguan ovulasi merupakan penyebab utama ketidaksuburan pada wanita. Tanda-tandanya antara lain menstruasi yang tidak normal dan tidak lengkapnya periode menstruasi serta adanya endometriosis yg dialami wanita tersebut.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan mengenai cara menghitung masa subur agar cepat hamil dan juga beberapa penjelasan mengenai penyebab ketidaksuburan wanita. Semoga bermanfaat.Wassalam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Hitung Masa Subur Wanita"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel