Hoax Kopi Instan Mengandung Bubuk Mesiu 2018 - REVORMER

Google Search

Hoax Kopi Instan Mengandung Bubuk Mesiu 2018





Sahabat aswajareformer98, akhir-akhir ini beredar berita seputar  video ( silahkan klik  https://youtu.be/dGCop4XJ6qw ) tentang merk minuman kopi  sachet yang mengandung mesiu dan   mudah sekali terbakar .Setelah saya cek dari berbagai sumber terpercaya ,dapat disimpulkan berita tersebut hoax dan tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.


Berikut saya sertakan informasi dari BPOM seperti dilansir dari laman pom.go.id.
Sehubungan dengan pemberitaan di berbagai media sosial mengenai produk pangan yang dapat menyala jika dibakar, Badan POM memandang perlu memberikan penjelasan sebagai berikut:


1. Bahwa produk pangan yang memiliki rantai karbon (ikatan antar atom karbon) serta mengandung lemak/minyak dengan kadar air rendah, terutama yang berbentuk tipis dan berpori, seperti kerupuk, krekers, dan makanan ringan lainnya pasti akan terbakar/menyala jika disulut dengan api.


2. Bahwa produk pangan yang  terbakar/menyala tersebut tidak dapat membuktikan adanya kandungan plastik dan/atau lilin di dalam produk pangan.


3. Bahwa untuk membuktikan adanya kandungan plastik dan/atau lilin diperlukan pengujian lebih lanjut di laboratorium.


4. Bahwa Badan POM telah melakukan evaluasi keamanan, mutu, dan gizi pangan termasuk terhadap semua bahan yang digunakan untuk pembuatan pangan olahan sebelum pangan tersebut diedarkan dengan nomor izin edar Badan POM (MD atau ML).


5. Sebagai perlindungan terhadap masyarakat, Badan POM terus melakukan pengawasan terhadap kemungkinan beredarnya produk yang tidak memenuhi syarat.




Nah dari  penjelasan diatas ,kita bisa ambil kesimpulan tentang kebenaran  video kopi yang terbakar itu dikarenakan bubuk mesiu.Padahal senyawa kimia berupa lemak nabati yang terkandung dalam bubuk krimer dan unsur gula yang mewakili rumus kimia bernama carbon tersebut  adalah bahan yang memang mudah terbakar.Jadi wajar saja bila dalam video tersebut bubuk kopi itu mudah sekali terbakar.
Demikian semoga informasi ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk "Hoax Kopi Instan Mengandung Bubuk Mesiu 2018"

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel