Hikmah Terbongkar Bohongnya ( Hoax ) Ratna Sarumpaet ! - REVORMER Blog Berbagi Informasi Bermanfaat

Google Search

Hikmah Terbongkar Bohongnya ( Hoax ) Ratna Sarumpaet !




Baru-baru ini masyarakat Indonesia ditengah kesedihan akibat bencana gempa dan tsunami di Donggala Palu dihebohkan oleh pemberitaan tentang seorang aktivis perempuan bernama Ratna Sarumpaet yang mengaku menjadi korban pemukulan oleh orang tak dikenal.Tentu saja di era reformasi yang penuh dengan penghormatan pada nilai-nilai hak asasi manusia dan kebebasan berpendapat di muka umum, ini menjadi sesuatu yang tidak wajar dan tidak bisa diterima dari sudut pandang manapun, termasuk dari lawan politik yang berseberanganpun tidak menginginkan pola-pola kekerasan terjadi dan menimpa para aktivis atau pegiat sosial yang hidup di era reformasi ini.



Tak pelak ,di saat iklim politik negeri ini sedang mulai menunjukkan eskalasi tinggi jelang pilpres maka celoteh  ( versi ) Ratna Sarumpaet ini memantik simpati dan juga reaksi keras dari kubu Pak Prabowo Subianto.Bukan tanpa alasan, karena Ratna Sarumpaet adalah salah satu tokoh perempuan yang aktif dalam Koalisi pendukung Calon Presiden Prabowo, tentu saja perlakuan kekerasan yang dialami olehnya  ( versi ratna sarumpaet ) tidak bisa diterima oleh Kubu Prabowo dan menurut saya reaksi tersebut wajar karena bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap kolega.



Di lain pihak,di kubu Pro Jokowi hal ini juga menimbulkan sesuatu yang membuat gerah dan tanda tanya , bukan rahasia umum dengan pernyataan Ratna Sarumpaet yang mengaku menjadi korban kekerasan berimbas pada kecurigaan publik atau pihak lawan politik nya yaitu kubu Prabowo .Situasinya betul-betul menyudutkan dan memperuncing kompetisi diantara dua kubu.




Dari analisis saya , mengambil hikmah dari terbongkarnya kebohongan publik yang dilakukan oleh Ratna Sarumpaet. Setidaknya ada beberapa poin yang bisa menjadi pelajaran sekaligus peringatan agar kita semakin bijaksana dalam menyikapi setiap informasi dan dinamika yang berkembang baik di medsos maupun di media informasi lainnya.Poin-poin tersebut yaitu :


1.    Aspek Moral Spiritual, bahwa kebohongan publik yang dilakukan oleh seorang tokoh panutan masyarakat itu adalah dosa besar,hal ini melihat dari efek yang ditimbulkan mengakibatkan rasa curiga dan permusuhan dalam skala luas akibat salah paham.


2.    Aspek Kebangsaan, bahwa kebohongan publik yang dilakukan oleh seorang tokoh panutan masyarakat itu merusak tatanan nilai persatuan dan kesatuan sebagai sebuah bangsa yang saling menghargai dan menghormati penuh solidaritas sesama anak bangsa.Karena informasi hoax yang ditimbulkan mengakibatkan persatuan dan kesatuan yang kita jaga bersama bisa rusak bahkan musnah tercerai berai apabila dipercaya sebagai kebenaran.Karena kebohongan publik masyarakat saling berselisih paham bahkan bisa terjadi konflik horizontal dan konflik vertikal.


3.    Aspek Politik, bahwa kebohongan publik yang dilakukan oleh seorang tokoh panutan masyarakat yang berafiliasi pada salah satu partai atau koalisi partai yang di dukungnya akan semakin menciderai martabat partai politik sebagai pabriknya para pemimpin di negeri ini.Tentu saja yang dirugikan adalah institusi partai atau koalisi partainya.






Dari uraian diatas,Kesimpulan  analisis pemikiran saya tentang Hoaks Ratna Sarumpaet menjadi korban kekerasan ini adalah sebagai berikut :


1. Marilah kita sebagai seorang yang beragama untuk takut pada Tuhan atas perbuatan berbohong yang merugikan diri sendiri,keluarga ,masyarakat serta bangsa negara.Jadi mulai sekarang gunakan kecanggihan teknologi informasi dengan bijaksana ,jangan salah gunakan untuk tindakan provokatif ujaran kebencian ,memproduksi  informasi hoax dan menyebarkannya untuk tujuan sempit namun beresiko besar yaitu hancurnya persatuan dan kesatuan negara kita tercinta.


2.  Apabila anda seorang politisi atau tokoh masyarakat/agama, bersikaplah kritis namun  apa adanya tetap menjunjung tinggi nilai kebenaran dan  kebaikan , hargai setiap perbedaan sebagai sesama makhluk ciptaanNYA. Menang atau kalah dalam sebuah kompetisi itu adalah hal yang wajar dan tak bisa dihindari.Jadi berjuanglah mencapai tujuan anda secara bijaksana dan dapat dipertanggung jawabkan.Ingat Rakyat sekarang semakin cerdas dan Tuhan itu Maha Mengetahui !!!


3.  Untuk masyarakat umum, hendaknya untuk lebih jernih dan kritis menganalisa setiap informasi yang diterima dari berbagai sumber.Pastikan sumber informasi tersebut valid dan dapat dipertanggung jawabkan. Baru setelah itu anda berhak untuk percaya dan berbagi informasi dengan orang lain agar bermanfaat.




Ingaat ! Teknologi Digital semakin canggih,Informasi Hoax pasti akan terbongkar bagaimanapun bentuknya.Karena Kebenaran tetaplah Kebenaran !!!Semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

9 Komentar untuk "Hikmah Terbongkar Bohongnya ( Hoax ) Ratna Sarumpaet ! "

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel