8 SMA Terbaik dan Terpopuler Di Banyumas - REVORMER

Google Search

8 SMA Terbaik dan Terpopuler Di Banyumas


Assalamu alaikum, halloo sahabatku semuanya, akhirnya saya punya kesempatan untuk memposting lagi tulisan di blog, setelah sekian lama hari - hari saya dua minggu ini terisolir di pedalaman Kalimantan. Butuh kesabaran luar biasa selama menunggu sinyal jaringan internet, bagi seorang blogger sinyal internet itu ibarat sebuah matahari bagi planet bumi, tanpanya maka matilah kehidupan diatasnya..hehe

Udah ah, malah jadi ngaco ceritanya sampai ke sana-sana kapan nulisnya nih...

Oh ya kali ini, saya akan membahas tentang sekolah favorit ke kinian yang ada di Banyumas dan Cilacap ya guys. Bahan - bahannya sudah ada sih sebetulnya dari dua minggu yang lalu, tapi ya itu tadi...terkendala sinyal heem


Berbicara tentang sebuah sekolah, apa sih yang terpikir di benak kalian...mungkin bisa dijelaskan secara sederhana ya guys, menurut pengertian umumnya Sekolah Menengah Atas adalah

" jenjang lanjutan  pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia setelah lulus Sekolah Menengah Pertama. Masa tempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas nornalnya ditempuh dalam kurun waktu 3  ( tiga ) tahun. jenjangnya dimulai dari kelas 10 sampai kelas 12 ".

Nah itu tadi sekilas pengertian umum SMA, selain itu sekarang SMA juga ada yang namanya SMA Rujukan, apa sih yang dimaksud SMA Rujukan, jadi kalian harus paham ya guys, bahwa sebenarnya "sekolah rujukan" itu merupakan program yang berasal dari pemerintah pusat di bidang pendidikan dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), artinya sekolah rujukan pada dasarnya bukanlah sebuah label untuk sekolah. 

Perlu diketahui pemerintah pusat saat ini mempunyai dua buah program untuk sekolah -sekolah yang ada di Indonesia baik sekolah negeri maupun sekolah swasta  yaitu sekolah rujukan dan sekolah kewirausahaan. Untuk bisa dikategorikan menjadi sekolah rujukan syarat utamanya adalah salah satunya sekolah tersebut memakai kurikulum 2013 dan mempunyai nilai akreditasi A atau terbaik di daerah tersebut. Nah, semoga penjelasan diatas tadi bisa membuat kalian mengerti ya , bagaimana sih sebuah sekolah dianggap baik dan berkualitas.

     
Buat kamu - kamu yang sekarang mau lulus SMP , sudah seharusnya mulai memilah dan memilih, SMA mana yang nanti bakal kalian tuju. Pada dasarnya semua sekolah itu baik tinggal kalian bisa gak mengikuti peraturan dan memaksimalkan pelajaran yang diajarkan oleh guru, sehingga begitu lulus ilmu yang telah diajarkan di sekolah mampu menjadi manfaat bagi hidup dan karir kalian di masa depan

Oh ya, untuk sahabat revormer yang ingin tahu SMA mana yang paling dekat dengan rumahmu, kalian juga bisa cek di sini, sesuai dengan zonasi yang sudah ditetapkan pemerintah 

Silahkan download dengan klik link di bawah ini :
Lampiran Zonasi SMA 2019


Berikut 10 SMA Terbaik dan Terpopuler di Banyumas 

1. SMAN 1 Purwokerto












Sudah tidak diragukan lagi, sekolah yang akrab di sebut Smansa ini mempunyai jejak tradisi prestasi paling menonjol di Kabupaten Banyumas. Berdiri sejak tahun 1950, sekolah yang beralamat di Jalan Gatot Soebroto No.73 Purwokerto Timur ini merupakan salah satu SMA rujukan yang telah menggunakan kurikulum 2013 dengan tingkat Akreditasi A. Jadi sudah dijamin ya guys, pastinya Smansa sekolah yang berkualitas.


2. SMAN 2 Purwokerto







Sekolah Menengah Atas yang berdiri sejak 1958 ini adalah salah satu sekolah yang menonjol dengan segudang prestasi. SMA Negeri 2 Purwokerto mempunyai Visi : Menjadi sekolah unggulan yang mampu menghasilkan lulusan yang beriman, bertaqwa, berilmu pengetahuan, dan berketerampilan serta ramah lingkungan sehingga mampu bersaing di masyarakat nasional maupun internasional. 
Dengan status sebagai sekolah rujukan dan tingkat Akreditasi A , SMAN 2 Purwokerto layak menjadi target list kamu - kamu yang sebentar lagi akan lulus SMP.



3. SMAN 5 Purwokerto





Walaupun secara usia terhitung paling muda dibanding dua SMA Negeri diatas, SMAN 5 Purwokerto termasuk menjadi salah satu sekolah favorit bagi lulusan SMP di wilayah karesidenan Banyumas. Berdiri sejak tanggal 5 September 1991, SMAN 5 Purwokerto telah banyak berkiprah di berbagai kompetisi sekolah dan lulusannya sudah banyak yang berhasil. 


4. SMAN 1 Banyumas




SMAN 1 Banyumas mulai berdiri pada tahun 1974, lokasinya terletak di bagian barat daya Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Letaknya yang strategis di dekat alun-alun kota dan pusat kota Banyumas dengan luas 3,9 hektar dan lebih dari 70% ruang terbuka hijau, mengantarkannya menjadi sekolah tersehat di Indonesia pada tahun 2016. Dengan kelebihannya sebagai sekolah berbasis green school, membuat harum nama Kabupaten Banyumas dikancah nasional. Sangat baik buat kamu - kamu yang pengin sekolah sambil menikmati suasana yang hijau dan ramah lingkungan.


5. SMAN Jatilawang





Sekolah yang beralamat di Jalan Raya Jatilawang No. 376 merupakan salah satu SMA Negeri yang terletak di barat daya Purwokerto, tepatnya di rute Purwokerto - Wangon via Rawalo. Walaupun lokasinya terbilang dipinggiran kota , namun SMA yang berdiri sejak 20 November 1984 ini sangat stabil dalam raihan prestasi di kancah Banyumas dan tingkat propinsi. Namanya selalu masuk dalam 10 besar SMA Terbaik di Banyumas. Statusnya sebagai sekolah adiwiyata mandiri dengan kurikulum 2013 dan sederet prestasi terkini sebagai Juara 2 Gelar Paskibra Tingkat Propinsi Jawa Tengah, Juara 2 Lomba Cerdas Cermat Ekonomi SMA Tingkat Propinsi Jawa Tengah semakin membuktikan bahwa SMAN Jatilawang tidak bisa dianggap remeh oleh SMA unggulan lainnya.


6. SMAN 1 Ajibarang




Sekolah Menengah Atas yang satu ini terletak di Jalan Pancurendang Ajibarang, berdiri sejak 1984. Dengan semangat gerakan hemat energi, SMAN  1 Ajibarang berhasil menjuarai lomba sekolah Hemat Energi dan Air. Sederet prestasi lainnya juga sudah diraih siswa/siswinya , menambah reputasi sekolah yang sudah berpredikat Sekolah Adiwiyata Nasional ini. Buat kamu - kamu yang hobi pada bidang energi ramah lingkungan, mungkin ini yang pas buat target list kamu nanti lulus SMP.




7. SMA Al Irsyad Al Islamiyah 


Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al Irsyad Purwokerto adalah sekolah swasta islam unggulan yang pertama berdiri di kota Purwokerto. Dengan fasilitas yang lengkap dan dukungan materi pelajaran islami, menjadikan nilai tambah tersendiri bagi siswanya. Sesuai dengan visinya menjadi SMA Islam Teladan Tingkat Nasional yang berbasis teknologi informasi dan berwawasan internasional. Buat kamu - kamu yang pengin sekolah sambil memperdalam wawasan islami , kayaknya SMA Al Irsyad Purwokerto layak buat referensi.


8. SMA Bruderan

Sebagai Sekolah Menengah Atas swasta tertua di karesidenan Banyumas, sekolah yang berdiri sejak tanggal 15 Juli 1951 ini memang layak diperhitungkan. Beralamat di Jalan Gatot Soebroto No. 63 Purwokerto, dengan status terakreditasi A terbilang layak untuk menjadi pilihan kalian yang nanti lulus SMP.


Nah kira-kira kamu mau pilih yang mana kalau sudah lulus SMP, yang jelas semua sekolah itu baik dan kuncinya ada di tangan kalian sendiri. Semoga tulisan ini bermanfaat sebagai informasi publik. Apabila ada saran dan masukan mengenai sekolah lain yang layak di masukkan di sini silahkan tulis di komentar di alamat email saya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini.


Salam Cerdas Revormer !

Wassalam


Berlangganan update artikel terbaru via email:

9 Komentar untuk "8 SMA Terbaik dan Terpopuler Di Banyumas "

  1. Terimakasih banyak Pak Eko sdh tuliskan dan publikasinya hal diatas. Kami ikut bahagia dan mensyukurinya. O ya bs minta alamat emailnya Pak Eko biar sy bs kirim logo dan bbrapa foto kegiatan prestasi anak2 SMA Bruderan utk melengkapi apa yg Pak Eko sudah tuliskan. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Njih sama2 pak, saya juga senang tulisan saya di apresiasi. Silahkan monggo kirim aja foto atau info sma bruderan ke alamat email saya ekosantosa2000@gmail.com
      Semoga SMA Bruderan makin bagus kualitasnya.

      Hapus
  2. Terimakasih banyak Pak Eko sdh tuliskan dan publikasinya hal diatas. Kami ikut bahagia dan mensyukurinya. O ya bs minta alamat emailnya Pak Eko biar sy bs kirim logo dan bbrapa foto kegiatan prestasi anak2 SMA Bruderan utk melengkapi apa yg Pak Eko sudah tuliskan. Terimakasih

    BalasHapus
  3. Almamater saya no.4 mas 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an almamatere njenengan makin bagus kedepannya ya. Barangkali ada info terbaru mengenai almamater njenengan untuk di up silahkan kirim bahan tulisannya ke email saya . terima kasih

      Hapus
  4. Maturnuwun mas Eko yg sudah nulis semua muany tenta Banyumas dn Banyumas

    BalasHapus
  5. Sama2 semoga bermanfaat buat kita semua Aamiin

    BalasHapus
  6. Masuk pak eko sma 1dan 2 kok tahun berdiri 1958 dan 1950 apa enggak kebalik pak eko...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas koreksinya . Semoga kebaikan selalu bersama anda . sukses selalu

      Hapus

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel