Kamu Pengguna Internet ? Baca Dulu Sejarah Google Yahoo Bing Biar Paham




Kamu Pengguna Internet ? Baca Dulu Sejarah Google Yahoo Bing Biar Paham


Assalamu alaikum
Sahabat Revormer,
Masih dengan revormer.com , blog sederhana penuh artikel bermanfaat  yang  siap menemani hari-hari kalian. Kali ini kita akan melanjutkan sesi belajar bareng dengan tema yang berkaitan dengan sejarah. Mengutip perkataan legendaris dari bapak proklamator kita Ir. Soekarno atau Bung Karno, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya. Maka seyogyanya, kita jangan sekali-sekali melupakan sejarah, termasuk sejarah perkembangan dunia dan perkembangan teknologi yang membawa umat manusia menjadi maju seperti sekarang ini.


Kalian pasti tahu ya guys,  dengan mesin pencari google , yahoo, bing yang setiap hari membantumu apabila lagi kebingungan mencari segala jenis informasi ataupun berita terkini bahkan lokasi yang kamu sebenarnya belum pernah mengunjunginya. Namun, revormer yakin, pasti banyak diantara kalian yang belum tahu sejarahnya google, yahoo, bing ini.


Ok guys, kita mulai saja proses belajar bareng  dengan tema Sejarah Google, Yahoo, dan Bing sekarang. Kita awali dengan berdoa dulu sesuai agama masing-masing yah, biar apa yang kamu baca meresap cepat dan focus serta menambah manfaat buat vitamin otak.



Sejarah Google

Kalau kamu-kamu tidak pernah mendengar kata Google, ane pastikan anda hidup di hutan..hehe becanda ya guys...
Pernah tidak kamu-kamu mendengar istilah segala sesuatu ada hikmahnya, kalau bahasa inggris itu istilahnya blessing in disguisse. Ternyata tausiyah agama yang sering kita dengar berlaku juga bagi google, bahwa segala sesuatu itu mengandung hikmah di kemudian hari.

Kamu tahu gak guys, awalnya pendiri google yang bernama Sergey Brin bersama Larry Page menemui kekeliruan waktu menuliskan kata “ googol “ menjadi “google” yang kelak dikemudian hari menjadi raksasa perusahaan internet dunia. Kamu pasti penasaran, googol itu artinya apa sih ? googol itu berarti angka satu yang diikuti seratus angka nol, wah berarti banyak banget dong angka nolnya, sebanyak penggguna google seperti sekarang ini yaah..hehe


Semenjak era internet merajai kehidupan umat manusia, sampai saat ini google selalu konsisten dan berkomitmen menjaga kualitas layanannya dengan meningkatkan pengalaman penggunanya. Maka tak heran sistem algoritma google juga selalu di update menyempurnakan kekurangannya.
Oh ya, apa sih yang membuat google kok bisa menjawab segala pertanyaan yang dicari oleh para penggunanya ?


Ibarat pendekar, google juga mempunyai jurus pamungkas, jurusnya yaitu adanya fitur “Knowledge Graph” yang dimilikinya, menjadikan setiap hasil pencarian lengkap detail serta menghasilkan banyak variasi jawaban dari berbagai sumber. Misal revormer ketik kata Desa Cindaga, maka nanti akan muncul seluruh informasi yang berkaitan dengan Desa Cindaga, termasuk artikel terkait dari berbagai sumber tentang desa cindaga.


CONTOH HASIL PENCARIAN DESA CINDAGA DENGAN GOOGLE oleh revormer.com
CONTOH HASIL PENCARIAN DESA CINDAGA DENGAN GOOGLE

Pokoknya, kalau berbicara keunggulan google , kita semua sudah tidak meragukan lagi ya guys. Walaupun tampilannya sederhana, namun membuat penggunanya sangat akrab dengan mesin pencariannya. Istilahnya google itu to the point, apa yang kita cari langsung deh tersaji hasilnya secara akurat, lebih banyak hasil pencariannya ,detailnya lengkap semuanya dari A sampai z ..hehe
Baca artikel lainnya :Cara Menambahkan Sitemap Ke Google dan Bing 

Buat kamu-kamu yang nilai bahasa inggrisnya selalu merah, jangan khawatir sebab google juga mempunyai fitur google translate yang bisa menterjemahkan semua bahasa di dunia. Yang penting jangan bahasa tarzan ya broo ..haha.  Oh ya, google juga sudah terintegrasi dengan akun situs besar lainnya semacam youtube, whatsapp, dan kamu-kamu kalau punya hape android juga sudah pasti nanti dilengkapi akun gmail,  email google yang berlaku untuk sign in ke seluruh layanan google lainnya,  Enaak kan guys,  oleh karena itulah tidak mengherankan kalau Google saat ini lebih joss dibanding sobatnya yang lain macam Yahoo dan mesin pencari besutan Microsoft Bing




Sejarah Yahoo!...(Dengan Tanda Seru)

Ternyata hikmah yang terpendam dalam suatu masalah, berlaku juga buat Mas Yahoo!..
Ceritanya hampir mirip sobatnya yang bernama mas google. Jadi ketika pertama kali, yahoo! mau dijadikan nama brand perusahaan,  pendirinya yang bernama Jerry Yang dan David Fillo bingung, masalahnya nama yahoo sudah dipatenkan terlebih dahulu oleh perusahaan lainnya. Untungnya sang pendiri tidak kehilangan akal, jadilah nama “Yahoo! “ dengan akhiran tanda seru dijadikan merk yang akhirnya bisa bertahan sampai sekarang. Menjadikan yahoo! sebagai salah satu raksasa perusahaan internet di dunia.

CONTOH HASIL PENCARIAN DENGAN YAHOO! oleh revormer.com
CONTOH HASIL PENCARIAN DENGAN YAHOO!

Menilik dari perjalanan awal yahoo!, pada tahun 1994 sebenarnya tadinya yahoo!  hanyalah sebuah bookmark yang bernama ‘ Jerry and David’s Guite to World Wide Web”. Nah, selang setahun setelah itu pada tanggal 18 januari 1995 domain Yahoo! untuk pertama kalinya dibuat. Seperti kisah sukses lainnya, duo pendiri yahoo! ini optimistis akan potensi besar hasil karya mereka ini di masa mendatang, dan sekarang Yahoo! terbukti masih survive, walaupun sudah tidak lagi menjadi raja dunia maya, seperti era awal tahun 2000 an. Pada waktu itu yahoo sangat superior dibandingkan para kompetitornya.

Sama halnya google, mesin pencarian Yahoo! yang dinamai Yahoo! search juga bagus, walaupun dari segi popularitas masih kalah dengan google. Sengaja saya tidak membicarakan kelemahan yahoo! karena saya memahami bahwa setiap pengguna internet pasti mempunyai pilihan terbaik sesuai kebutuhan masing-masing.





Sejarah Bing


Hallo Bung… eh salah Haloo Bing, bagaimana kabarnya kamu kawanku…
Yaah, mungkin kamu-kamu lebih akrab dengan sebutan bung dari pada sebutan Bing, revormer juga sempat berpikir begitu awalnya, kenapa sih tidak pakai nama ‘Bung’ saja, dijamin orang Indonesia suka dengan nama itu …kwkwk


Oh ya guys, buat kamu-kamu yang setiap hari nongkrongin computer/laptop buat  mengerjakan tugas sekolah atau tugas kantor, pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya  sistem operasi windows , program   Microsoft word, Microsoft excel, hingga windows phone. Setiap kali perbincangan tentang computer pasti kamu ditanya,”broo computer kamu pakai windows apa sekarang?”. Tak mungkin kamu-kamu ditanyakan tentang sebuah nama ‘ Bing’.
Untuk itulah, revormer hadir buat kalian, sahabatku semuanya, memberikan vitamin otak biar makin joss ..hehe


Apa sih Bing ?

Bing adalah nama mesin pencarian yang di miliki oleh Microsoft. Kalau berbicara mengenai Microsoft yang didirikan oleh Bill Gates, tentunya mayoritas akan paham dan tidak meragukan lagi kiprahnya di dunia computer dunia.

Namun, tidak seperti  induknya Microsoft, Bing bagi sebagian pengguna internet aktif, masih kalah pamor dibanding mesin pencarian Google dan Yahoo! search milik Yahoo!. Bahkan, Bing menurut revormer, menjadi satu-satunya mesin pencarian yang paling banyak mengalami perubahan nama, semenjak Microsoft ikut terjun dalam bisnis layanan situs pencarian via internet.
Kalau kamu-kamu sudah sering menggunakan layanan internet berbasis windows  semenjak tahun 2000 an hingga sekarang, pasti pernah mendengar Live Search, Windows Live Search, MSN Search hingga saat ini berubah nama menjadi Bing yang resmi dijadikan nama mesin pencari oleh pihak Microsoft pada tanggal 1 juni 2009, wah kok sama yah dengan Hari Lahir Pancasila ! (mudah-mudahan) revormer doakan cukup sampai disini jangan gonta-ganti nama lagi yaah bill…pusiing deh hehe
 
CONTOH HASIL PENCARIAN DENGAN BING oleh revormer.com
CONTOH HASIL PENCARIAN DENGAN BING


Oh ya, kalau kamu-kamu adalah pengguna windows 10 yang memakai asisten virtual berbasis suara bernama Cortana, maka kalian akan dimudahkan dalam menggunakan mesin pencarian Bing. Soalnya cortana ini secara pabrikan sudah menyatu dengan Bing serta browser milik Microsoft yang bernama Microsoft Edge. Jadi kalau di ibaratkan, cortana ini google now milik google atau sirinya apple.
Memang sih kalau berbicara pengalaman dan teknologi Microsoft memang joss banget, pokoknya sampai saat ini terbukti mayoritas computer di dunia masih menggunakan sistem operasi windows buatan Microsoft.

Di mesin pencarian Bing ini, pihak Microsoft sudah membenamkan teknologi canggih bernama Power Set, yang dibelinya semenjak tahu 2008. Dan yang terakhir semenjak 2011 Bing semakin meningkatkan teknologi mesin pencariannya dengan membenamkan lagi teknologi yng mereka sebut “ Tiger “. Pihak Microsoft menyebut teknologi ini mampu menghasilkan hasil pencarian yang lebih akurat. Kabarnya Bing dan Yahoo!search nantinya akan saling bekerjasama menggabungkan kedua mesin pencarian mereka, mari kita lihat saja perkembangan selanjutnya.

Kira-kira begitu saja pembahasan Sejarah Google, Yahoo dan Bing kali ini. Untuk sementara waktu sesi belajar bareng dengan revormer kita sudahi dulu, kita lanjutkan besok lagi. Jangan lupa istirahat yang cukup dan selalu berpikir positif, agar hidup kita indah.

Semoga Bermanfaat
Salam Cerdas Revormer !
Wassalam


0 Responses to “Kamu Pengguna Internet ? Baca Dulu Sejarah Google Yahoo Bing Biar Paham ”

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih

Popular Posts