REVORMER

Blog berbagi tips dan info bermanfaat seputar dunia android

PENTOL JOS GANDOS KOTA KUMAI KALIMANTAN TENGAH EMANG JOSS !


Pentol Jos Gandos (08/01/2019)


PENTOL JOS GANDOS  KUMAI KALIMANTAN TENGAH EMANG JOSS !




Assalamu alaikum
Sahabat Revormer

Oleh : Eko Sulistyo Santosa | Penulis kali ini berkesempatan mengunjungi salah satu kota  di Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya Kota Kumai yang merupakan sebuah kota kecamatan.

Peta Lokasi Pentol Jos Gandos Kumai




Menurut catatan sejarah perang kemerdekaan Republik Indonesia, dahulu kumai adalah salah satu basis para pejuang yang dengan gagah berani mengusir penjajah dari bumi Indonesia tercinta. Salah satu pahlawannya yang legendaris karena keberaniannya bernama Utar, biasa di panggil Panglima Utar. Untuk menghormati dan menghargai jasa - jasanya, namanya di abadikan menjadi sebuah nama jalan di Pangkalan Bun.
Kata Kumai sendiri berarti Kembali Ke Pangkuan.



Oh ya guys, walaupun hanya sebuah kota kecamatan, namun kumai termasuk daerah yang ramai dan berkembang pesat loh.

Dengan motto  "Beriman," yang merupakan sebuah  akronim dari kata  Bersih , Indah , Ramah  dan  Aman (damai). Secara potensi kumai kedepannya akan menjadi daerah yang maju hal ini karena wilayahnya yang selalu ramai di kunjungi kapal - kapal barang dari wilayah jawa maupun kota - kota di pulau lainnya. Selain kapal  penumpang dalam hal ini Pelni dan Dharma Lautan Utama.

Pentol Jos Gandos mendapatkan rating 15000 pelanggan di google maps


Baca Artikel lainnya : Kisah Sukses Wardah 


Secara umum jalan raya di Kota Kumai termasuk baik, yah termasuk standarlah untuk ukuran  kota kecamatan pada umumnya, untuk moda transportasi darat biasanya penduduk menggunakan angkot atau rental mobil apabila hendak ke luar kota. Sebagai kota pelabuhan sungai wajar bila moda transportasinya mayoritas menggunakan transportasi lewat jalur sungai. Bahkan penulis setiap hari pulang pergi menggunakan taksi air atau speedboat langganan.



Nah, ketika momen jalan - jalan refreshing ke darat itulah penulis terbersit ide untuk melihat kumai secara dekat. Dan yang membuat saya tertarik untuk menulis artikel ini adalah fenomena dimana masyarakat kota kumai sangat gemar makan pentol atau kalau di jawa sekilas sama dengan cilok yang di buat bulat seperti biji bakso. Hampir sepanjang jalan penulis selalu menemui penjual pentol disamping warung bakso dan warung makan pada umumnya.



Mungkin sahabat tidak percaya kalau tidak berkunjung langsung ke kota kumai ini, kalau di kota - kota lainnya pentol mungkin sebagai jajanan bocah atau anak sekolah, tapi kalau di sini semua usia menyukai pentol. Bakso dan mie ayam boleh merajai kalau urusan popularitas di tempat lain, tapi untuk kota kumai bakso dan mie ayam justru terkesan menjadi kuliner kelas dua setelah pentol.



Saya akui, untuk kualitas rasa pentol di kota kumai ini, hampir menyerupai bakso daging. Dari segi tekstur dan rasa serta kenyalnya, benar - benar sebuah perpaduan cilok dan bakso...jadi bisa dikatakan Pentol itu kakaknya cilok adiknya  bakso...hehe itu menurut penulis loh.



Diantara sekian banyak penjual pentol di kota kumai, baik yang pakai gerobak atau khusus kedai pentol layaknya warung bakso, saya sudah mencobanya semua. Namun, ada satu kedai pentol yang saya lihat paling menonjol dan tempatnya paling enak buat makan pentol rame - rame. Saya pikir malahan tadinya sebuah warung bakso, eh setelah saya dekati ternyata kedai pentol. Namanya Pentol Jos Gandos, menurut penuturan salah satu karyawannya yang sangat ramah, mas Fajar namanya, ngakunya dari salatiga pas saya ajak ngobrol.


Usaha pentol ini bermula dari keuletan serta kerja keras pemiliknya yang bernama Bapak Anwar Legito peranakan Jawa Trans Pontianak, dimulai dari jualan pentol dengan menggunakan gerobak keliling, entah karena sepi atau bagaimana, suatu hari beliau merasa sangat putus asa dan hampir saja berniat menjual seluruh peralatan jualannya seperti dandang, kompor serta termos es seharga Rp.300 ribu. Namun, atas ijin Allah niatnya tidak sampai di teruskan, semangatnya muncul lagi, begitu menonton acara Indonesia Mencari Bakat komentar salah satu jurinya yang bernama Soimah , setiap kali komentar pasti bilangnya Joss Gandos. Nah, berawal dari situlah akhirnya timbul ide membuat nama usaha pentolnya dengan nama Pentol Jos Gandos...menarik juga yaah ceritanya guys.  Dengan modal Rp. 2 juta, dia bangkit dan mulai berjualan pentol lagi hingga semakin hari usahanya semakin maju, bahkan saat ini sudah membuka beberapa cabang dan menjadi grosiran pentol, banyak pedagang pentol yang membeli pentolnya untuk di jual lagi.



Pentol Jos Gandos mempunyai beberapa jenis pentol sesuai bahannya ada pentol jamur, pentol tahu, pentol daging serta pentol telor. Disajikan dalam keadaan panas ditaburi sambal kacang atau saus dan kecap, rasanya begitu nikmat.  Kalau sahabat mau mencobanya sewaktu berkunjung ke kota kumai, sahabat mesti datangnya tidak boleh kemalaman yah, karena jam bukanya cuma dari jam 09.00 sampai dengan jam 21.00 WITA. Dari segi harga juga terbilang murah, dengan harga Rp. 1000 per bijinya. Buat sahabat yang nanti suatu saat akan berkunjung ke Kalimantan Tengah jangan lupa mampir ke Kedai Pentol Jos Gandos ini, penulis recomended banget deh pokoknya... Pentol Jos Gandos emang joss beneran. Oh ya, untuk pemesanan bisa hubungi mas Fajar di nomor WA : 085752067215


Ok kira - kira begitu saja dari penulis. Dari penuturan mas Fajar, kita bisa mengambil hikmah bahwa kesuksesan itu tak mudah diraih dan ada kalanya kita merasa putus asa, namun kita harus optimis dan tetap berusaha meraihnya hingga tiba saatnya kesuksesan menjadi takdir kita. Ok guys, tunggu tulisan berikutnya tentang pengalaman penulis di kota - kota lainnya ya...


Salam Cerdas Revormer !
Wassalam


0 Responses to “PENTOL JOS GANDOS KOTA KUMAI KALIMANTAN TENGAH EMANG JOSS !”

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih

Popular Posts