Google Search

Pengertian Tujuan Dan Manfaat Akreditasi Sekolah Di Indonesia

Pengertian Tujuan Dan Manfaat Akreditasi Sekolah Di Indonesia


Hallo Sahabat Revormer, biar manfaat revormer makin bisa dirasakan oleh para pembaca setianya yang berasal dari berbagai kalangan, artikel kali ini kita akan membahas dunia pendidikan anak usia dini, khususnya mengenai standar akreditasi TK/PAUD yang wajib sahabat ketahui, apalagi sebagai seorang guru TK/PAUD maka pembahasan ini sudah tidak asing lagi tentunya

Nah, sebelum kita membahas mengenai apa saja standar akreditasi TK/PAUD , mari kita cari tahu apa sih makhluk yang bernama akreditasi itu


Pengertian Akreditasi

Akreditasi adalah sebuah kegiatan pengakuan dan penilaian terhadap suatu lembaga pendidikan tentang kelayakan dan kinerja suatu lembaga pendidikan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional (BASNAS)/ Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah (BAN-S/M) yang kemudian hasilnya berbentuk pengakuan peringkat kelayakan. Akreditasi dilakukan karena ada beberapa tujuan dan manfaat yang telah diuraikan di atas. Selain itu juga mempunyai hasil yang berupa sertifikat peringkat terakreditasi yang bisa diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu : A, B, dan C yang masing-masing mempunyai nilai Amat Baik (86-100), Baik (71-85), dan Cukup (56-70)


Tujuan Akreditasi

Berdasarkan Keputusan Menteri pendidikan Nasional Nomor 087/U/2002, akreditasi sekolah mempunyai tujuan, yaitu sebagai berikut : 

1. Memperolah gambaran kinerja sekolah sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu; 

2. Menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan


Dari penjelasan  tujuan  akreditasi tersebut di atas, maka dapat diambil kesimpulan, bahwa hasil akreditasi tersebut , antara lain :

1. Memberikan gambaran tingkat kinerja sekolah yang dijadikan sebagai alat pembinaan, pengembangan dan peningkatan sekolah baik dari segi mutu, efektivitas, efisiensi, produktivitas dan inovasinya

2. Memberikan jaminan kepada publik bahwa sekolah tersebut telah diakreditasi dan menyediakan layanan pendidikan yang memenuhi standar akreditasi nasional

3. Memberikan layanan kepada publik bahwa siswa mendapatkan pelayanan yang baik dan sesuai dengan persyaratan standar nasional




Manfaat Akreditasi

Dari hasil akreditasi suatu lembaga pendidikan/sekolah, nantinya akan bermanfaat bagi berbagai kelompok kepentingan, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Pihak Sekolah

  • Sebagai acuan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan rencana pengembangan sekolah.       
  • Bahan masukan untuk pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah.       
  • Pendorong motivasi peningkatan kualitas sekolah secara gradual.        
  • Selain sebagai sekolah yang berkualitas, sekolah yang terakreditasi ini juga mendapatkan dukungan dari pemerintah, masyarakat maupun sektor swasta dalam hal moral, dana, tenaga dan profesionalisme.

2. Kepala sekolah

  • Sebagai bahan informasi untuk pemetaan indikator keberhasilan kinerja warga sekolah termasuk kinerja kepala sekolah selama 1 periode (4 tahun). 
  • Bahan masukan untuk penyusunan anggaran pendapatan dan belanja sekolah.

3. Guru

  • Sebagai dorongan bagi guru untuk selalu meningkatkan diri dari bekerja keras untuk memberi layanan yang terbaik bagi siswanya.

4. Masyarakat (wali murid)

  • Informasi yang akurat untuk menyatakan kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh setiap sekolah. 
  • Bukti bahwa mereka menerima pendidikan yang berkualitas tinggi, sehingga siswa mempunyai kepercayaan terhadap dirinya bahwa ia mampu masuk dan bersekolah di lembaga pendidikan yang terakreditasi nasional.

5. Dinas Pendidikan

  • Sebagai acuan dalam rangka pembinaan dan pengembangan/peningkatan kualitas pendidikan di daerah masing-masing. 
  • Sebagai bahan informasi penting untuk penyusunan anggaran pendidikan secara umum, dan khususnya anggaran pendidikan yang terkait dengan rencana biaya operasional Badan Akreditasi Sekolah di tingkat Dinas Pendidikan

6. Pemerintah

  • Sebagai bahan masukan untuk pengembangan sistem akreditasi sekolah di masa mendatang dan alat pengendalian kualitas pelayanan pendidikan bagi masyarakat yang bersifat nasional.
  • Sebagai sumber informasi tentang tingkat kualitas layanan pendidikan yang dapat dipergunakan sebagai acuan untuk pembinaan, pengembangan, dan peningkatan kinerja pendidikan secara makro. 
  • Sebagai bahan informasi penting untuk penyusunan anggaran pendidikan secara umum di tingkat nasional, dan khususnya program dan penganggaran pendidikan yang terkait dengan peningkatan mutu pendidikan nasional.  



Nah, kira-kira sahabat guru TK/PAUD sudah mengerti bagaimana pengertian, tujuan serta manfaat akreditasi sekolah kan, maka oleh sebab itu mulai sekarang coba di cek sekolahnya sudah memenuhi persyaratan standar akreditasi nasional belum. Kalau belum segera di evaluasi dan dilengkapi kekurangannya agar nantinya sekolah TK/PAUD nya dapat mengantongi sertifikat terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional. Sekian dulu dari revormer, sampai jumpa di artikel berikutnya. Semoga bermanfaat

Salam Cerdas Revormer !


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Tujuan Dan Manfaat Akreditasi Sekolah Di Indonesia"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel