Musdes Pembentukan Bumdesma Kebasen Bangkit - REVORMER.COM
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
WPDealer 728x90

Musdes Pembentukan Bumdesma Kebasen Bangkit


Pada hari Jum'at, tanggal 30 Desember 2022 telah dilaksanakan Musdes Pembentukan Bumdesma yang merupakan kelanjutan dari Transformasi eks. PNPM-MPd (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan) menjadi BUMDESMA (Badan Usaha Milik Desa Bersama).

Tentunya dengan perubahan tersebut (transformasi) maka bisa dikatakan ini adalah suatu langkah maju dalam memaksimalkan kegiatan usaha pada BUMDES, antara lain dengan menciptakan jenis usaha baru yang nantinya secara kemanfaatan akan dirasakan oleh masyarakat kecamatan Kebasen.

PNPM-MPd seperti yang kita ketahui bersama, sudah diterapkan sejak tahun 2009 sampai dengan 2015 , pada awalnya program tersebut dalam perjalanan proses kebijakan mempunyai dua jenis kegiatan yaitu Kegiatan Fisik dan Simpan Pinjam Perempuan.

Untuk Program yang akan dijalankan di BUMDESMA itu sendiri muncul dari gagasan wakil masyarakat dan pemanfaatan langsung dari PNPM-MPd sebagai upaya menciptakan jenis usaha baru yang dapat langsung dikonsumsi oleh masyarakat dan hal ini diawasi langsung oleh Pemerintahan Desa.

Musdes Pembentukan Bumdesma Kebasen Bangkit dilaksanakan di Balai Desa Cindaga Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas pada hari Jum'at, 30 Desember 2022 dimulai pada pukul 19.30 WIB s/d pukul 22.30 WIB, sebagai Nara Sumber dari Pihak Kecamatan Kebasen diwakili oleh Kasie Pemerintahan Kecamatan Kebasen, Pendamping Desa Cindaga Mas Galih. 

Dalam sambutannya Ibu Kepala Desa Cindaga menekankan pentingnya keseriusan dalam mengembangkan Bumdes agar hasilnya maksimal. Apalagi selama beberapa tahun ini Bumdes Candra Kirana memang kinerjanya belum optimal.

Harapan Ibu Kepala Desa Cindaga, dengan keikutsertaan Desa Cindaga dalam penyertaan modal Bumdesma Kecamatan Kebasen diimbangi juga dengan kemajuan Bumdes Candra Kirana Desa Cindaga. Tuntutan profesionalisme dan Manajemen Tata Kelola Bumdes Candra Kirana Desa Cindaga sudah sangat mendesak untuk segera dipikirkan secara sungguh-sungguh demi mewujudkan Bumdes yang maju.

Dalam Musdes tersebut disepakati sebagai Delegasi Desa Cindaga untuk Musyawarah Antar Desa, yaitu sebagai berikut :
1. Kepala Desa Cindaga 
2. Ketua BPD Desa Cindaga 
3. Ketua LPMD Desa Cindaga 
4. Koordinator SPP Desa Cindaga 
5. Ketua Tim Penggerak PKK Desa Cindaga 



1 komentar untuk "Musdes Pembentukan Bumdesma Kebasen Bangkit"

Silahkan Berkomentar yang Positif No Link dan SARA
Terima kasih