Cara Membuat Singkong Goreng Empuk Dan Maknyuss - REVORMER.COM
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
WPDealer 728x90

Cara Membuat Singkong Goreng Empuk Dan Maknyuss



Cara Membuat Singkong Goreng Empuk Dan Maknyus Nikmatnya

Oleh : Eko Sulistyo Santosa | Singkong adalah tanaman berumbi yang sangat banyak dijumpai di hampir seluruh wilayah Indonesia. Apalagi bagi masyarakat jawa, di zaman dahulu singkong sering di jadikan sebagai bahan makanan pokok pengganti beras yang harganya mahal dan langka, gaplek, thiwul, oyek, inthil dan lain sebagainya adalah beberapa contoh nama makanan hasil olahan turunan dari singkong.



Selain itu, singkong di zaman now juga sudah banyak mewujud dalam berbagai produk olahan modern, bahkan ada yang namanya sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Pada umumnya singkong diolah dengan cara direbus atau digoreng, tergantung selera yang ingin menikmatinya. Apalagi kalau kita sedang berkumpul bersama keluarga di kampung, rasanya belum lengkap kalau hidangan dari singkong ini tak pernah sekalipun tersaji di atas meja. Sambil nonton tv, atau teman minum kopi / teh di sore hari pas pokoknya deeh.

Baca artikel lainnya : Mireng Non Kolesterol Kemayoran


Nah, kali ini penulis akan memberikan resep cara membuat singkong goreng  yang empuk dan nikmat rasa bumbunya betul - betul terasa. Kebetulan kemarin penulis bersama kawan - kawan menjelajah perkampungan di Kalimantan Tengah, di sana kami disuguhi singkong goreng yang enak banget, yang jelas selain rasanya nikmat teksturnya juga empuk...maka dari itu sengaja penulis membuat artikel ini, agar manfaatnya abadi untuk para pembaca setia.


Berikut Cara dan Langkah - langkahnya :

1. Bahan Utama :

- Siapkan 5 singkong ukuran sedang yang bagus, pastikan daging buahnya tidak berwarna hitam kebiruan, kupas kulitnya dan cuci dengan air bersih
- Potong menjadi beberapa bagian, dikira - kira saja ukurannya jangan terlalu besar atau terlalu kecil

2. Bumbu Halus

- Bawang Putih 9 siung kupas kulitnya
- Ketumbar Halus 1 sendok teh
- Daun Serai 2 batang
- Kunyit 2 ruas sedang
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya
Semua bumbu tersebut diatas haluskan semuanya dengan blender.


CARA MEMBUAT  SINGKONG GORENG EMPUK  DAN NIKMAT :

1. Nyalakan kompor, Masukkan Bumbu Halus dan Singkong yang tadi sudah dipotong - potong ke dalam panci yang sudah diisi air kurang lebih hingga seluruh bagian singkong terendam. Tunggu hingga singkong matang dan agak empuk, usahakan jangan sampai terlalu empuk. karena nanti akan hancur, tes rasanya apakah sudah cukup atau perlu ditambah garam lagi.

2. Setelah singkong dirasa sudah cukup matang dan empuk, angkat dan tiriskan.

3. Panaskan wajan yang berisi minyak goreng, hingga masak

4. Selanjutnya, goreng singkong dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan kering.Angkat lalu sajikan.

5. Singkong Goreng Empuk dan Nikmat siap di hidangkan

Selamat mencoba
Salam Cerdas Revormer !
Wassalam





Posting Komentar untuk "Cara Membuat Singkong Goreng Empuk Dan Maknyuss"